Menggunakan Teknik SEO Website Pada Blog, Bagaimana Caranya?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia blogger. Ini sangat penting bagi setiap penulis blog yang memiliki tujuan untuk terus mengembangkan blognya. Maka, mengaplikasikan teknik SEO website dapat dilakukan dengan tujuan menarik perhatian pengguna internet untuk mengunjungi suatu blog karena SEO yang dilakukan dengan baik akan membantu konten atau artikel berada pada urutan teratas pada suatu mesin pencari.

Tak sedikit orang yang menyadari jika penulisan artikel di dunia digital membutuhkan SEO. Bahkan banyak juga yang belum mengetahui keberadaan jasa SEO murah untuk optimalisasi konten digital ini.

Tapi, kenapa SEO perlu dilakukan? Tentu saja karena teknik ini memungkinkan untuk menarik pembaca lebih banyak untuk mengunjungi blog Anda.

Cara Mengaplikasikan Teknik SEO Pada Blog

Membuat Kata Kunci Atau Keyword

Sebelum membuat konten blog, lakukanlah riset kata kunci atau keyword. Ini sangat penting untuk meningkatkan trafik atau kunjungan pada blog Anda. Kata kunci yang bagus adalah kata kunci yang cukup banyak dicari dalam kurun waktu tertentu. Umumnya, ada dua jenis kata kunci yang biasa dipakai dalam penggunaan teknik SEO. Yaitu, short tail keywords yang hanya memiliki 1 – 3 kata dan long tail keywords yang terdiri dari 3 kata atau lebih. Biasanya long tail keywords dipilih untuk membuat konten yang lebih detail. Jenis keyword ini juga sering kali disebut – sebut lebih menguntungkan karena mampu mendorong trafik yang lebih tinggi. Sehingga Anda memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan peringkat satu dalam urutan mesin pencari.

Riset kata kunci merupakan serangkaian proses yang dilakukan dalam menemukan kata kunci yang tepat untuk konten blog Anda. Jika Anda mengingkan blog Anda dapat berkembang cepat dalam jangka waktu tertentu, maka riset kata kunci ini perlu dilakukan dengan cermat. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, misalnya saja dengan menggunakan perangkat seperti keyword planner tool, semrush, long tail pro, dan, ahrefs. Pilihlah salah satu perangkat, kemudian masukan URL dari sebuah website atau blog yang memiliki konten hampir sama dengan konten yang akan Anda buat. Setelah URL dimasukan, perangkat tersebut akan menampilkan kata kunci apa saja yang digunakan dalam web atau blog itu.

Menggunakan Teknik SEO Website Pada Blog, Bagaimana Caranya

Ciptakan Konten Yang Menarik Dan Relevan Dengan Tema Blog Anda

Buatlah konten yang menarik dan sekiranya banyak dicari orang. Anda bisa membuat konten yang bermanfaat dan unik, namun jangan sampai keluar atau sama sekali tidak berkaitan dengan tema blog Anda. Sebab, adanya keterkaitan antar konten akan memungkinkan untuk membuat link yang dapat terhubung ke halaman lainnya pada blog Anda. Maka, setiap halaman dapat saling mempromosikan dan menarik perhatian pembaca untuk menjelajahi lebih jauh dalam blog tersebut.

Baca juga: Pedoman Memilih Jasa SEO Website Murah dan Terbaik

Indexing

Indexing atau indeksasi merupakan suatu proses dimana sebuah artikel telah dicatat dan diakui oleh mesin pencari. Proses seperti ini umumnya memakan waktu yang relatif lama. Apalagi saat ini terdapat banyak sekali website dan blog yang menyediakan konten dimana mereka mengandalkan google sebagai mesin pencari utama. Cara termudah yang dapat Anda lakukan dalam indeksasi adalah dengan menyebarkan konten ke berbagai media sosial yang Anda miliki. Jika artikel tersebut telah dibagikan berulang kali, maka proses indexing akan berlangsung lebih cepat.

Melakukan SEO ONPAGE dan OFFPAGE

Untuk memaksimalkan website SEO Friendly, langkah berikut ini tentunya perlu Anda lakukan. Dalam melakukan SEO ONPAGE, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan keyword pada bagian meta title dan meta deskripsi sesuai dengan hasil analisa kata kunci yang sebelumnya telah Anda lakukan. Sementara SEO OFFPAGE dapat Anda lakukan dengan menggunakan pola backlink, commenting, backlink wheel, dan submit to social bookmark.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *