Menikmati Sinar Matahari Pagi di Dalam Rumah, Why Not? Berikut Caranya!

Sudah bukan rahasia, sinar matahari di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, berjemur di bawahnya termasuk pada salah satu jenis terapi yang disebut sebagai Heliotherapy yang bagus untuk kulit juga mental. Biasanya, orang-orang akan keluar rumah pada rentang waktu pagi sampai maksimal pukul 09.00. Namun, bagi Anda yang enggan atau tidak bisa keluar rumah dan ingin tetap menikmati pancaran sinarnya, ikuti saja beberapa tipsnya berikut ini!

Gunakan Desain Rumah Skylight

 

Jika Anda ingin pancaran sinar matahari leluasa masuk ke dalam rumah, maka tidak ada salahnya menerapkan desain rumah skylight. Desain ini menerapkan penggunaan kaca pada bagian atap rumah. Dengan begitu, cahaya dapat dengan mudah masuk ke dalam isi rumah Anda. Selain termasuk pada salah satu desain yang unik, tipe desain skylight pun dipercaya lebih hemat energi karena ruangan menggunakan pencahayaan alami.

Model Rumah Kaca

 

Model Rumah Kaca

Selain berdesain skylight, Anda juga bisa menerapkan konsep rumah kaca. Konsep desain ini pun mampu mempermudah sinar matahari masuk ke dalam rumah secara alami. Untuk meminimalisir efek rumah kaca yang berakibat pada global warming, gunakan kaca yang memang sudah ramah lingkungan.

Begitu pun pada waktu-waktu tertentu ketika Anda enggan sinar matahari terlalu menusuk, penggunaan gorden vertical blind atau horizontal blind dari kayu, alumunium atau material lainnya bisa jadi solusi untuk menutupinya.

Atur Arah Depan rumah

 

desain bangunan rumah untuk memaksimalkan cahaya

Selain menerapkan beberapa desain bangunan rumah untuk memaksimalkan cahaya yang masuk, pengaturan denah rumah pun bisa dijadikan cara tepat. Agar Anda bisa dengan mudah menikmati cahaya matahari pagi dengan berdiam diri di rumah, usahakan agar arah cahaya tepat mengenai rumah Anda. Jangan sampai, Anda membelakangi cahaya terbitnya matahari.

Pasangkan juga jendela pada bagian rumah yang disorot oleh sinar matahari terbit. Dengan begitu, ketika matahari mulai beranjak dari peraduan, sinarnya akan segera masuk ke dalam rumah Anda. Nah, Beberapa cara tersebut bisa membantu Anda agar bisa menikmati pancaran sinar matahari pagi dengan mudah.

Lantas, bagaimana jika Anda sedang tidak menginginkan cahaya matahari masuk? Karena kebanyakan cara tersebut memanfaatkan material kaca, tentu solusinya Anda bisa menutupi kaca tersebut dengan gorden. Bisa juga menggunakan vertical blind, apalagi saat ini Anda dapat dengan mudah mendapatkan penyedia jual vertical blind dengan harga terjangkau. Mudah bukan?

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *