6 Cara Menjadi Mompreneur yang Sukses

Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah sebuah pekerjaan berat, di mana seorang wanita harus siap dengan segala aktivitas rumah yang tanpa ada hentinya. Apalagi jika anda memiliki anak kecil tanpa adanya bantuan dari baby sitter di rumah. Hal ini seringkali membuat wanita  harus stay di rumah dan berhenti bekerja di luar.

Menjadi Mompreneur

Padahal untuk bisa mendapatkan penghasilan, kini anda bisa loh bekerja dari rumah. Istilah kerennya yakni menjadi Mompreneur, bisnis yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, tanpa harus bekerja secara terikat. Hebat bukan jika anda sebagai ibu rumah tangga, namun tetap punya pemasukan sendiri?

Menjadi Mompreneur Sebagai Solusi Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang Mompreneur, ternyata bisa jadi solusi pekerjaan ibu rumah tangga loh! Lantaran anda tidak perlu harus berangkat pagi pulang sore, dan meninggalkan pekerjaan rumah. Sekarang ini ada banyak peluang mompreneur yang bisa anda coba.

Apalagi dengan canggihnya teknologi dan mudahnya akses intenet, ternyata juga bisa jadi media bisnis. Bahkan, saat ini ada banyak kisah inspiratif yang juga datang dari seorang Mompreneur. Jadi, anda tidak perlu takut nih untuk mencoba jadi seorang pebisnis rumahan!

Beberapa Cara untuk Menjadi Seorang Mompreneur

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi mompreneur. Nah anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini!

1. Mempelajari sistem manajemen keuangan

sistem manajemen keuangan

Seorang ibu rumah tangga pastinya memiliki keahlian dalam mengatur keuangan. Meski begitu, anda harus tetap belajar bagaimana cara mengelola keuangan dalam berbisnis.

Meski anda adalah seorang Mompreneur, usahakan selalu memisahkan uang pribadi dan uang dari hasil pekerjaan. Sehingga anda bisa dengan mudah mengetahui perkembangan usaha yang dijalankan. Selain itu, belajarlah bagaimana mengelola modal dengan tepat agar anda tidak merugi di awal.

2. Pilihlah usaha yang sekiranya tepat untuk anda

usaha yang tepat

Memulai sebuah usaha memang tidak mudah, termasuk bagi pebisnis sekalipun. Apalagi bagi anda yang seorang ibu rumah tangga, tentu sangat penting memilih jenis bisnis yang tepat.

Usahakanlah untuk memulai bisnis anda sesuai passion, ataupun sesuatu yang bisa anda lakukan tanpa mengganggu pekerjaan rumah. Misalnya saja berjualan offline, menjadi dropshipper maupun reseller, youtuber, menjahit maupun bisnis lain sesuai skill yang anda miliki.

3. Berkoordinasilah dengan pasangan maupun keluarga

Berkoordinasi dengan pasangan

Sebelum memulai usaha untuk menjadi Mompreneur, tentunya anda harus berkomunikasi terlebih dulu dengan pasangan maupun keluarga. Sharing dan mintalah saran untuk rencana anda ke depannya.

4. Yakinlah dengan planning anda

planning

Sebelum memulai, anda harus yakin dengan pilihan bisnis yang ingin dijalankan. Hindarilah keraguan dan rasa tidak percaya diri jika bisnismu tidak berjalan lancar. Usahakan untuk memulai dengan persiapan yang matang.

5. Atur manajemen waktu

manajemen waktu

Berbisnis untuk jadi seorang Mompreneur, terkadang membuat waktu bekerja terbengkalai karena banyaknya aktivitas mengurus rumah dan anak anak. Sehingga tak jarang, anda mengesampingkan bisnis yang mulai anda rintis. Maka dari itu, sangat penting mengatur waktu antara aktivitas pribadi dan bisnis anda.

6. Selalu fokus dan konsisten

fokus dan konsisten

Berbisnis dengan menjadi seorang Mompreneur, bukan berarti anda bisa bekerja dengan santai tanpa memperhatikan visi dan misi.

Karena berbisnis di rumah seringkali membuat fokus terpecah, sehingga anda tidak konsisten dalam berbisnis. Maka dari itu sangat penting untuk berkomitmen dalam berbisnis, dengan mengusahakan diri selalu fokus dan konsisten.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are