Menyelami Seluk Beluk SSL dan Fungsi Pentingnya Bagi SEO

SSL mungkin menjadi suatu istilah yang cukup asing bagi banyak orang. Padahal untuk pengguna aktif internet, maka SSL ini sebenarnya umum dijumpai kehadirannya di berbagai website. Bahkan lebih lanjut diketahui jika SSL memiliki dampak yang cukup sentral pada SEO. Jadi sebenarnya apa itu SSL?

Bagi yang tidak mengetahui tentang SSL tak perlu khawatir, di sini akan dijelaskan mengenai apa itu SSL. Di sisi lain juga akan diberikan penjelasan tentang fungsi penting dari SSL untuk keberhasilan SEO.

Apa Itu SSL?

Pertama akan lebih dahulu dibahas mengenai apa itu Secure Sockets Layer atau SSL. Secara umum SSL sendiri merupakan sebuah standar dalam teknologi keamanan website. Tujuan penggunaan SSL sendiri untuk memastikan agar data serta keamanan pengunjung dari sebuah website dapat dilindungi dengan baik.

Tentunya ini menimbulkan perbedaan antara website yang memiliki SSL dengan yang tidak. Ciri website yang memiliki SSL dapat dilihat dari gambar gembok serta tulisan https sebagai url di pojok alamat website.

Fungsi Penting SSL Bagi SEO

Lalu jika SSL adalah sebuah sertifikat untuk memastikan tingkat keamanan website, maka sebenarnya apa pengaruh SSL dengan SEO? Perlu dipahami jika SSL memiliki pengaruh terhadap SEO. Jadi dapat dikatakan jika ada tidaknya SSL juga memberikan dampak pada hasil SEO nantinya.

Baca juga: Mari Pahami Apa itu SEO Website? Secara Lengkap, Disini !

Dampak yang pertama adalah terkait dengan algoritma mesin pencari. Dimana biasanya mesin pencari lebih senang melakukan index halaman yang memiliki SSL atau dapat dikatakan halaman HTTPS. Pengutamaan website yang memiliki SSL ini dapat membuat website tersebut menempati ranking hasil pencarian yang lebih baik. Tak hanya itu website yang memiliki SSL tentu umumnya lebih dipercaya oleh pengunjung, sehingga dapat membantu menaikkan traffic kunjungan.

Tak heran jika kemudian banyak jasa SEO Jakarta yang membedakan harga Jasa SEO untuk yang memiliki SSL dan yang tidak. Namun, ada pula yang tidak mencantumkan SSL sebagai pembeda harga. Untuk itu saat akan menggunakan jasa SEO sebaiknya tanyakan dulu mengenai hal ini.

Siapa sangka jika SSL ternyata memiliki pengaruh yang lumayan besar terhadap SEO. Tak heran jika kemudian ada beberapa jasa SEO yang memilih mebedakan harga jasa SEO Jakarta antara yang menggunakan SEO dan yang tidak. Bagi yang belum menggunakan SSL tidak perlu khawatir, ada berbagai tutorial terkait mekanisme pendaftaran SSL yang dapat diikuti di internet.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *