9 Motif Batik Terpopuler di Indonesia Beserta Asal Mulanya

Sebelum kita membahas tetang beberapa motif batik yang paling populer di Indonesia, mari coba kita cari tahu asal muasal dari batik terlebih dahulu.

 

Cating Batik

 

Asal Mula Batik

Batik berasal dari bahasa jawa yaitu “ambhatik”, amba yang dalam bahasa jawa artinya luas atau lebar dan nitik yang artinya titik. Dan makna dari bahasa jawa ambhatik tersebut adalah menggabungkan beberapa titik menjadi gambar yang luas atau lebar.

Apa kalian sudah tahu sebelumnya ?

Batik awalnya hanya diterapkan pada daun lontar dan juga papan rumah adat khas jawa.

Motif yang digunakan juga masih sangat sederhana antara lain hanya motif tumbuhan dan binatang saja. Kegiatan batik pertamanya dilakukan hanya untuk mengisi waktu luang pada kalangan kerajaan.

Tapi karena banyak para pembesar yang keluar dan tinggal diluar kerajaan, lama kelamaan batik juga dikenal dan digemari oleh masyarakat luas.

 

Batik Mulai Berkembang

Pada masa kerajaan Majapahit batik mulai diterapkan pada kain dan digunakan untuk pakaian adat.

Bahan yang dipakai saat itu hanya kain putih yang merupakan hasil dari tenunan sendiri dan untuk membuat pola gambar pada batik, mereka hanya menggunakan pewarna alami dari bahan tumbuhan.

Lambat laun, kain batik mulai berkembang dan dikenal oleh Manca Negara dan pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan.

Dan sejak saat itu pula, setiap tanggal 2 Oktober di Indonesia diperingati dengan hari Batik Nasional.

Karena batik sudah semakin berkembang, teknik pembuatan dan motif batik juga mulai ikut berkembang.

Awalnya batik hanya menggunakan canting dan juga cairan lilin malam saja,  namun sekarang batik bisa menggunakan teknik cap atau juga teknik printing.

Dengan berkembangnya kain batik yang semakin meluas, banyak daerah di Indonesia yang ikut mempopulerkan  dan melestarikan jenis motif batik sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing.

Berikut ini saya rangkum beberapa motif batik yang paling terkenal dan populer di Indonesia :

  1. Motif Batik Sidomukti Magetan

 

Motif Batik Magetan

 

Motif batik ini mempunyai gambar dasar bambu dan berasal dari Kabupaten Magetan.

Awalnya motif batik ini sangat khusus dan tidak bisa dipakai oleh rakyat biasa, hanya bisa dipakai oleh para kalangan keluarga keraton saja.

Ini disebabkan karena penemu dari motif batik ini merupakan para putri dari keluarga kerajaan.

Tapi belakangan ini peraturan itu telah dicabut dan sekarang rakyat biasa juga telah diperbolehkan untuk bisa memakai batik motif ini.

 

  1. Motif Batik Jepara

 

Motif Batik Jepara

 

Pada motif batik Jepara yang terkenal juga dengan sebutan Batik Kartini telah dibagi manjadi 2 jenis yaitu motif batik lama dan motif batik baru.

Pada motif batik lama umumnya hanya menggunakan pola hitam, flora fauna, ulir hijau dan juga gajah cokelat. Sedangkan pada  motif batik baru mempunyai variasi yang lebih banyak dibandingkan motif batik lama.

 

  1. Motif Batik Kawung Jogja

 

Motif Batik Kawung Jogja

 

Daerah Yogyakarta memang sangat terkenal akan budayanya, dan salah satu budaya yang terkenal dari Yogya adalah batik.

Batik Yogya mempunyai berbagai jenis dan macam motif, akan tetapi yang paling terkenal dari motif batik Yogya adalah motif batik kawung.

Ini juga merupakan motif batik yang paling tertua di Indonesia.

 

  1. Motif Batik Parang Solo

 

Motif Batik Parang Solo

 

Solo juga merupakan salah satu kota yang memiliki banyak sekali budaya. Dan salah satu budaya yang terkenal adalah kain batik.

Ada banyak jenis motif khas dari kota Solo yang umumnya hampir mirip dengan jenis batik khas Yogyakarta, yang sebagian besar memang  masih memiliki ikatan kuat antara Keraton Solo dan juga Keraton Yogyakarta.

 

  1. Motif Batik Mega Mendung Cirebon

 

Motif Batik Mega Mendung Cirebon

 

Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang masih melestarikan industri batik sampai saat ini.

Batik Cirebon merupakan pusat batik yang paling tertua dan juga telah memberikan pengaruh besar pada ragam motif batik yang ada di Jawa Barat.

Motif Batik Mega Mendung merupakan motif batik Cirebon yang paling terkenal dan saat ini menjadi ikon kota Cirebon.

Motif ini melambangkan dari awan pembawa hujan sebagai lambang pemberi kehidupan dan juga kesuburan.

 

  1. Motif Batik Jlamprang Pekalong

 

Motif Batik Pekalongan

 

Orang pasti sudah sangat paham jika kota batik itu adalah kota pekalongan.

Kota Pekalongan memang menjadi salah satu pusat batik yang terkenal di Jawa Tengah dan motif yang paling terkenal di Pekalongan adalah motif Batik Jlamprang.

Motif Batik ini  merupakan salah satu motif batik Pekalongan yang memang ikut dipengaruhi dengan adanya interaksi masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang.

Ciri khas dari batik Pekalongan adalah warnanya yang sangat mencolok khas dari daerah pesisir, berbeda dengan motif solo dan yogya yang warna sogannya lebih mendominan.

 

  1. Motif Batik Manggur Probolinggo

 

batik manggur probolinggo
sumber : probolinggopunyakita.blogspot.com

 

Sama seperti namanya Motif Batik Manggur, motif batik ini memiliki motif utama yaitu buah Mangga dan buah Anggur yang juga merupakan ciri khas dari kota Problinggo.

Dengan warna alami yang diambil dari lingkungan masyarakat Probolinggo itu telah menjadi keunikan tersendiri.

Motif Batik Probolinggo yang asli adalah dibuat dengan menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggambar batik memakai cairan lilin malam yang setelah itu diberi warna yang disesuaikan dengan motif.

Untuk motif Mangga biasanya menggunakan warna hijau, dan motif Anggur menggunakan warna ungu dengan memakai water glass.

 

  1. Motif Batik Besurek Bengkulu

 

Motif Batik Manggur Probolinggo

 

Berkaitan kata Besurek dengan motif khas dari Bengkulu adalah karena pada motif batik ini merupakan batik yang memang banyak mengguanakan motif bertuliskan kaligrafi Arab.

Pada awalnya batik ini diperkenalkan oleh para pedagang Arab yang juga merupakan pekerja asal India kepada masyarakat Bengkulu.

Dengan seiring perkembangannya, seni dalam pemembuatan motif batik itu dipadukan dengan tradisi Indonesia yang ada dikota Bengkulu.

 

  1. Motif Batik Tanah Liat Minangkabau

 

Motif Batik Tanah Liat Minangkabau

 

Bukan hanya terkenal pada kebudayaan dan tradisi dari pulau jawa, batik juga ditemukan sebagai produk kebudayaan dari daerah Minangkabau Sumatra Barat.

Asal nama batik tanah liat mungkin karena perwarnaan motif batik jenis ini menggunakan tanah liat, maka dari itu disebut dengan nama batik tanah liat.

Untuk motif batik tanah liat yang masih tradisional adalah motif dari burung hong dan motif kuda laut, akan tetapi motif batik Minangkabau telah berkembang dan mempunyai berbagai jenis motif batik.

Demikian adalah beberpa aneka ragam motif batik yang paling terpopuler ada di Indonesia beserta asal mula daerahnya masing-masaing.

Motif batik setiap daerah memang memiliki makna dan jenis yang berbeda, itu menunjukan ciri khas pada setiap daerah dalam melestarikan budaya batik di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *