Mudah Mabuk Perjalanan? Hindari Aktivitas Ini Saat Berada di Dalam Kendaraan!

Mabuk Perjalanan

Melakukan perjalanan hampir merupakan perkara yang umum dilakukan bagi sebagian besar masyarakat saat ini, hal ini dikarenakan karakter masyarakat saat ini yang mobil atau tidak dapat diam hanya di satu tempat. Perjalanan yang dilakukan dapat melalui jalur udara, darat dan laut dengan menggunakan kendaraan pribadi, umum, maupun menggunakan jasa sewa kendaraan seperti jasa sewa bus pariwisata Jakarta yang biasanya digunakan untuk liburan bersama keluarga.

Aktivitas Penyebab Mabuk Perjalanan

Dalam melakukan perjalanan, sebagian masyarakat masih terkendala oleh mabuk perjalanan yang sangat mengganggu suasana perjalanan. Mabuk perjalanan dapat terjadi karena banyak hal, seperti melakukan aktivitas berikut:

1. Main gadget atau baca buku.

Memfokuskan mata kepada objek yang memiliki cahaya tajam dan objek yang berat dicerna otak akan menyebabkan kepala mudah pusing saat perjalanan dan menimbukan mual. Untuk itu hindari menggunakan gadget dan baca buku dan cobalah alternatif lain seperti mengobrol bersama kawan seperjalanan, memikirkan hal yang dapat mengalihkan fokus pusing, hingga mendengarkan musik.

2. Melihat objek yang berjalan.

Untuk mengurangi perasaan mabuk perjalanan maka lihatlah ke kaca, namun salah jika yang Anda lihat kaca pinggir dan objek yang bergerak seiring melajunya kendaraan. Hal itu akan mudah menyebabkan kepala pusing dan mual. Untuk itu tataplah kaca depan dan objek yang tidak berjalan berupa objek besar seperti gunung, bukit, gedung, dan lain-lain.

3. Makan berat.

Makan dapat mengurangi perasaan mabuk, namun tentu saja makan yang dimaksud adalah makan kecil, karena jika makan besar hal itu dapat menyebabkan mual yang berlebihan hingga Anda mengalami mabuk perjalanan. Dalam perjalanan hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak.

4. Menutup jendela.

Mabuk perjalanan juga disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak baik, biasanya terjadi karena jendela kendaraan yang ditutup. Bukalah sedikit kaca kendaraan agar udara dapat masuk sehingga Anda dapat mengatur nafas dengan baik.

Aktivitas di atas haruslah dihindari agar tidak terjadi mabuk perjalanan. Terbiasa tidak mabuk perjalanan akan membuat perjalanan Anda berjalan sangat mudah dan menyenangkan, apalagi jika menggunakan jasa sewa bus Jakarta yang dapat membawa Anda ke mana saja sesuai tujuan Anda, tentunya dengan harga yang variatif.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are