Pengertian Backlink NoFollow dan Manfaatnya Untuk Halaman Web

Pada era perkembangan informasi dan teknologi seperti sekarang ini, mencari informasi tentang sebuah produk atau bisnis bukan lagi hal yang sulit. Jika dahulu Anda masih menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon maupun alamat sebuah perusahaan, saat ini Anda hanya cukup menggunakan mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Namun kemudahan tersebut bukan berarti datang tanpa halangan. Ketika Anda mengetik nama sebuah produk di halaman pencari Google maka Google akan menampilkan ratusan hingga ribuan halaman dengan produk yang Anda maksud. Hasil pencarian pada halaman pertama adalah situs yang akan lebih sering dikunjungi dan hal ini yang membuat banyak bisnis menggunakan berbagai cara untuk menampilkan situs mereka di halaman pertama mesin pencari seperti menggunakan jasa SEO Jakarta. Satu hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bisnis Anda tetap berada di halaman pertama Google yaitu penggunaan backlink no follow.

Apa yang Dimaksud Dengan Backlink No Follow?

Pengertian backlink adalah sebuah link yang berada pada sebuah halaman web lain yang menuju halaman web Anda. Backlink juga sering disebut dengan istilah inbound link, yang besar pengaruhnya dalam SEO. Link-link yang masuk bekerja seperti vote atau poin. Semakin banyak link masuk ke suatu halaman maka hal tersebut adalah indikasi kualitas halaman tersebut. Semakin baik kualitas sebuah halaman, semakin tinggi pula kemungkinannya untuk berada pada halaman pertama mesin pencari (SERP). Hal ini merupakan prinsip dasar bagaimana backlink do follow bekerja, sementara no follow sebaliknya. Jika link do follow akan dirayapi (crawling) oleh Google, no follow akan menutup akses tersebut supaya tidak dapat dirayapi (crawling) oleh mesin pencari. Hal ini yang membuat baclink no follow tidak akan mendapatkan poin atau vote di mesin pencari.

Backlink NoFollow

Pengaruh Backlink No Follow Pada Halaman Web

Backlink no follow memang tidak menyumbang poin atau vote pada halaman web Anda dan tidak memberikan pengaruh apa-apa-pada pada posisi halaman web Anda di halaman pertama mesin pencari secara langsung, namun backlink no follow tetap dapat mempertahankan posisi halaman web Anda dengan menyediakan trafik organik. Backlink no follow yang sering digunakan pada media sosial secara tidak langsung menyediakan trafik organik dengan membuat pengunjung melihat dan membagikan konten Anda. Semakin tinggi trafik pada halaman web Anda, semakin berkualitas penilaian Google pada halaman web Anda, maka semakin tinggi peluang untuk tetap berada di halaman pertama mesin pencari.

Baca juga: Bangun UKM Milik Anda, Dengan Strategi Tepat Guna yang Kreatif dan Inovatif

Pada dasarnya sebuah link, baik itu do follow maupun no follow akan sama-sama memiliki manfaat dalam hal posisi halaman web Anda pada mesin pencari, Kuncinya adalah menyeimbangkan penggunaan backlink do follow dan no follow secara baik selain menyediakan konten yang berkualitas sehingga nilai halaman web Anda juga semakin meningkat. Atau jika Anda masih mengalami kesulitan mengaplikasikan penggunakan backlink, Anda selalu dapat menggunakan jasa backlink yang dapat membantu mengembangkan halawan web Anda.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *