Berikut Pengertian dan Beberapa Fakta Menarik Tentang Batik Indonesia

Pengertian Batik – Batik berasal dari dua kata bahasa jawa yaitu amba dan tik yang memiliki arti menulis titik yang disebut ambatik pada jaman dulu. Nah, berikut ini pengertian batik adalah kain yang dilukis menggunakan cairan lilin dan canting yang membentuk lukisan-lukisan yang memiliki nilai seni tinggi diatas kain mori.

Namun dalam membuat batik ada banyak ragam dan tidak harus menggunakan canting saja dalam pembuatannya. Selain itu batik juga memiliki banyak motif dari yang simple sampai modern.

Tidak ada sejarah yang pasti mengenai batik, akan tetapi keunikan dan keindahan batik sudah dikenal sejak 2000 tahun silam di timur tengah, india, dan asia tengah. Selain itu pada sebuah buku fabric of enchantment disebutkan batik dengan bentuk yang primitive justru telah dimiliki orang tana toraja Sulawesi selatan sebelum ada di tanah jawa.

Setelah itu ditemukanlah teknik membatik menggunakan canting pada abad ke-12. Dan disaat itulah istilah membatik atau ambatik lahir. Namun di Indonesia khususnya di pulau jawa pada saat itu telah menggunakan canting untuk menorehkan lilin pada permukaan kain mori.

Nah, dengan cara itu motif batik di Indonesia kaya motif dan lebih detail daripada batik lain yang ada di dunia.

Model dan motif busana batik saat ini banyak ragamnya, yang dapat dipakai ketika datang ke pernikahan, atau acara resmi lainnya serta bisa juga dipakai dikantor. Selain itu batik dapat juga dipakai pada saat sedang bersantai atau pada acara non formal dan tentu tergantung kamu mengkombinasikan dengan setelan yang anda pakai.

Yuk disimak, berikut beberapa fakta unik tentang batik, antara lain :

 

  1. Penetapan Hari Batik Nasional

Pada saat dibawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, sejak tanggal 2 Oktober 2009 silam hari batik nasional telah ditetapkan setiap tanggal 2 Oktober. Selain itu Unesco salah satu badan PBB, telah menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya untuk budaya lisan dan non bendawi.

 

  1. Teknik Pembuatan Batik

 

 

Melukis batik dengan menggunakan tangan di atas kain telah ada pada jaman dahulu. Namun pada saat itu, pada proses pembuatan batik selalsu dimulai dengan huruf “N”. Berbeda pada jaman dahulu, pada jaman sekarang ini pembuatan batik dengan menggunakan tulis, cap dan printing.

Batik dengan harga mahal dibuat dengan cara tulis sebab pada proses pembuatannya dibuat secara manual yang membutuhkan waktu lama. Bebeda dengan batik cap, yang menggunakan besi yang telah diberi pola dan kemudian dicelupakan kedalam malam. Selain itu, batik dengan teknik printing yang lebih modern menggunakan teknik print atau sablon dengan harga yang lebih murah.

 

  1. Pengenalan Batik Pertama Kali Di Kancah Internasional

Batik pertama kali dikenalkan dikancah internasional sejak pertengahan tahun 80an oleh presiden Soeharto.  Pada saat itu, batik dijadikan sebagai cinderamata bagi tamu kenegaraan. dan pada konferensi PBB, Pak Soeharto mengenakan batik pada acara tersebut.  Sehingga batik semakin dikenal diseluruh dunia dan banyak dipuji oleh media asing.

 

  1. Membatik Merupakan Salah Satu Sumber Mata Pencaharian

 

 

Pada jaman dahulu, keterampilan membatik bersifat turun temurun, para wanita pada jaman dulu menggunakan ketrampilan membatiknya sebagai sumber mata pencaharian. Selain itu pada jaman dahulu, yang boleh mengenakan batik hanya kalangan tertentu saja.

 

  1. Batik Sebagai Penyumbang Devisa yang Sangat Besar

Negara-negara yang banyak  pengimpor batik dari Indonesia adalah Jepang, Korea selatan, Jerman dan Amerika serikat. Sehingga batik merupakan salah satu penyumbang devisa yang besar untuk negara dengan nominal Rp. 2,1 Triliun pada tahun 2015 lalu. Selain  itu, banyak tokoh dunia  juga mengenakan batik diantara Nelson mandela, Kate middleton, dan Heidi klum.

 

  1. Festival Batik

Dua kota di Indonesia yaitu solo dan pekalongan secara konsisten rutin menggelar acara batik dimulai dengan mengadakan karnaval batik dan festival batik nusantara.

 

  1. Batik Sebagai Icon Fashion Dunia

 

 

Annie  avantie merupakan perancang batik terkemuka di Indonesia, beliau seorasng desainer yang mulai mengenalkan batik ke luar negeri melalui ajang miss universe, sehingga batik jadi makin dikenal di seluruh dunia. Selain itu beberapa tokoh dunia dan artis Hollywood diantaranya Bill gates, Adam clayton, dan Jessica alba juga ikut mengenakan batik yang dipakai pada acara-acara penting.

 

Selain beberapa fakta unik tentang batik, berikut ini Teknik-teknik pembuatan batik yang perlu anda ketahui, antara lain :

 

  • Batik Tulis

Pembuatan batik ini menggunakan canting yang memerlukan konsentrasi tinggi untuk membuatnya agar rapi dan menarik. Batik tulis adalah batik yang memiliki nilai seni yang tinggi. Untuk pembuatan batik tulis ini memerlukan waktu yang sangat lama bahkan sampai berbulan-bulan.

 

  • Batik Cap

Awal mula tercipta batik cap yaitu pada abad ke 19 dimana pada saat itu terjadi banyak permintaan batik yang melonjak sehingga membuat produsen batik kewalahan.  Batik cap ini dapat memproduksi batik jauh lebih banyak dan tidak memakan waktu yang lama dalam proses pembuatannya.

Batik cap terbuat dari lempengan tembaga atau besi yang bermotif yang dapat digunakan untuk membubuhkan lilin atau malam diatas permukaan kain mori. Pembuatan batik cap tidak terlalu rumit, dan memiliki kualitas yang sangat bagus serta harga tidak terlalu mahal.

 

  • Batik Cetak Sablon

Perlu anda tahu, bahwa batik cetak berbeda dengan batik printing. pada proses pengerjaannya, batik sablon tetap menggunakan tangan manusia bukan menggunakan mesin. Akan tetapi batik cetak memiliki kualitas yang rendah bila dibandingkan dengan batik cap.

Proses pembuatan batik cetak sablon lebih gampang dan tidak memerlukan  bahan malam seperti batik cap. Batik cetak sablon dapat menghasilkan batik dengan waktu yang sangat singkat sebab proses pembauatannya jauh lebih mudah dengan menggunakan teknik sablon serta dipatok dengan harga yang sangat murash dipasaran saat ini.

Banyak produsen batik yang berminat menggunakan cara ini yang dapat menghasilkan ribuan batik dalam waktu sehari. Selain itu banyak pengrajin batik yang saat ini fokus mengunakan batik sablon yang dapat menghasilkan omset yang banyak. Hasil batik dengan menggunakan teknik ini sangat rapi akan tetapi metode batik ini masih dianggap memiliki mutu yang rendah dibandingkan dengan metode cap.

 

  • Batik Print Mesin

Dengan menggunakan metode ini, dapat memberikan efektifitas dan efisiensi, batik ini diproduksi menggunakan mesin print  tekstil. Batik print dipatok dengan harga yang jauh lebih murah daripada batik dengan teknik cap dan sablon.

 

  • Batik Lukis

Batik lukis tidak memerlukan bahan malam atau lilin dan canting. Untuk proses pembuatannya menggunakan media kuas seperti lukisan. Selain itu batik dengan teknik lukis pembuatannya dengan melukiskan motif diatas permukaan kain mori yang menggunakan cat minyak dan kuas. Harga batik lukis ternyata sangat mahal ketimbang batik teknik cap dan sablon.

Pada beberapa teknik pembuatan batik diatas, memiliki kesulitan yang berbeda-beda yang berpengaruh pada biaya proses pembuatan dan harga yang dipatok dipasaran.

 

Nah, itulah pengertian dan juga beberapa fakta menarik tentang batik, semoga artikel ini  bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih…..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *