Berikut Pengertian Budaya Secara Lengkap

Pengertian Budaya – Negara Indonesia sangat dikenal akan keberagaman budayanya. Tiap beberapa daerah tentunya mempunyai  ciri khas kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan yang lain.

Secara umum pengertian budaya ialah cara atau pola yang mengatur tiap manusia untuk mengerti dan memahami tentang bagaimana mereka harus bertindak, berbuat, dan berlaku serta menentukan sikap saat berinteraksi dengan orang lain.

Pengertian budaya secara umum

Kata Budaya secara umum berasal dari bahasa sanskerta yaitu budhayah yang berakar dari kata budhi yang memiliki arti akal atau budi.

Budaya mempunyai banyak unsur diantaranya ialah agama, bahasa, sistem politik, pakaian dan adat istiadat.

Sebagai salah satu contoh dari budaya adalah bahasa, bahasa ialah suatu budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

 

Pengertian budaya menurut seorang Ahli

Pengertian Budaya Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Budaya ialah sebuah pemikiran, dan adat istiadat, serta akal budi manusia. Secara tata bahasa, pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yang menunjuk pada pola pikir dari manusia.

 

  1. Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat

 

 

Pengertian budaya yaitu suatu sistem gagasan, karya dan rasa serta suatu tindakan yang dijadikan manusia pada kehidupannya yang pada akhirnya dijadikan kepunyaannya dengan belajar.

 

  1. Pengertian budaya menurut Selo Soemardjan

Selo Soemardjan mengemukakan bahwa budaya itu ialah sebuah hasil karya dan rasa serta cipta dari masyarakat tersebut.

 

  1. Pengertian budaya mernurut Ki Hajar Dewantara

Pengertian budaya yaitu hasil dari sebuah perjuangan masayarakat baik terhadap alam ataupun zaman yang membuktikan sebuah kemakmuran dan kejayaan dalam kehidupasn masyarakat ketika menghadapi keadaan yang sulit dan suatu rintangan dalam mencapai sebuah kemakmuran, keselamatan dan kebahagiaan pada kehidupan.

 

  1. B. Taylor

 

 

Budaya ialah tata keseluruhan yang bersifat kompleks. Keseluruhan itu meliputi kepercayaan, adat istiadat, kesusilaan, hukum, seni dan semua kebiasaan yang dilakukan dan dipelajari oleh manusia yang merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri.

 

  1. Pengertian budaya menurut Goodenough

Budaya ialah sebuah sistem yang terdiri dari ilmu pengetahuan, nilai dan kepercayaan yang berada didalam pemikiran antar anggota-anggota individu dalam masyarakat tersebut.

 

  1. Roucek dan Warren

Roucek dan Warren mengemukakan pendapat tentang budaya bahwa kebudayaan tidak hanya merupakan seni dalam kehidupan namun terdapat juga pada beberapa benda yang ada di sekitar kita yang dibuat oleh manusia,

Sehingga pengertian kebudayaan ialah tata cara hidup yang dikembangkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam mempertahankan hidup dan  meneruskan keturunan serta mengatur pengalaman bersosialnya.

 

  1. Pengertian budaya menurut R Soekmono

 

 

R Soekmono mengemukakan pendapatnya bahwa budaya merupakan suatu usaha ataupun hasil kerja manusia yang berupa benda atau hasil dari sebuah pemikiran manusia dimasa hidupnya.

 

  1. Parsudi Suparian

Budaya menurut Parsudi Suparian ialah suatu budaya yang dapat melanda dari semua perilaku manusia karena suatu budaya merupakan sebuah pengetahuan dan pemikiran manusia yang digunakan untuk memahami lingkungan sekitarnya dan pengalaman yang terjadi kepadanya.

 

  1. Pengertian budaya menurut Linton

Budaya menurut Linton merupakan keseluruhan dari sikap, pola perilaku dan pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan serta dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

 

  1. Pengertian budaya menurut Eppink

Budaya menurut Eppink adalah suatu kebudayaan yang mengandung seluruh pengertian norma sosial, nilai sosial, dan juga ilmu pengetahuan serta seluruh struktur sosial. Segala pernyataan yang artistik dan inteletual yang menjadi suatu ciri khas  dalam sebuah masyarakat.

 

  1. Effat Al-Syarqawi

 

 

Menurut ahli agama yaitu Effat Al-Syarqawi mengemukakan pendapatnya bahwa budaya ialah khazanah sejarah dari suatu kelompok masyarakat yang tergambar pada sebuah kesaksian dan berbagai nilai yang menggambarkan suatu kehidupan harus memiliki arti dan makna serta mempunyai rohani.

 

  1. Kluchkhohn dan Kelly

Mereka mengemukakan pendapatnya bahwa budaya yaitu semua konsep hidup yang tercipta baik implisit maupun eksplisit, rasional ataupun irasional yang berbeda pada pada suatu waktu sebagai pedoman yang sangat penting untuk tingkah laku manusia.

 

  1. Pengertian budaya menurut Jensen dan Trenholm

Budaya adalah suatu kebiasaan sebagai suatu seperangkat norma, adat istiadat, nilai, kepercayaan, dan kode serta tata tertib.

 

  1. Pengertian budaya menurut Geert Hofstede

Mengartikan atau mendefinisikan suatu kebiasaan sebagai sesuatu pemrograman bersma dengan pikiran yang membedakan  anggota-anggota golongan satu dengan golongan lainnya.

 

  1. Pengertian budaya menurut Edward T Hall

Edward T Hall mengemukakan budaya merupakan sebuah kebiasaaan yaitu suatu komunikasi dengan komunikasi yang lain yang menjadi suatu kebiasaan.

 

Berikut ini Pengertian dari seni budaya

 

 

Seni budaya ialah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia tentang tata cara hidup untuk berkembang secara bersama pada sebuah kelompok sosial yang memiliki unsur-unsur keindahan secara turun temurun yang diwariskan oleh leluhur dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

 

Beberapa Unsur-unsur dalam kebudayaan antara lain :

  1. Sistem organisasi dan kemasyarakatan
  2. Sistem religi
  3. Sistem pengetahuan
  4. Sistem mata pencaharian hidup
  5. Sistem teknologi dan peralatan
  6. Sistem bahasa
  7. Sistem kesenian

 

Beberapa fungsi-fungsi budaya

  1. Sebagai pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar warga masyarakat
  2. Sebagai pendorong perubahan dalam kehidupan masyarakat
  3. Sebagai alat pemersatu warga masyarakat
  4. Sebagai pembelajaran warisan yang berasal dari nenek moyang.

 

Berikut ini beberapa ciri-ciri budaya atau kebudayaan

  1. Budaya mempunyai sifat dinamis yaitu sebuah sistem perubahan dari generasi ke generasi
  2. Budaya bersifat selektif ialah mempresentasikan segala pola pikir dan perilaku dari pengalaman manusia yang tidak terbatas pada jumlahnya.
  3. Budaya bukan bawaan akan tetapi untuk dipelajari
  4. Budaya meletakkan dirinya sebagai sebuah simbol
  5. Budaya bisa disampaikan dari seseorang kepada seseorang yang lain atau dari suatu kelompok kepada kelompok yang lain dan dari generasi ke generasi selanjutnya.
  6. Ciri-ciri budaya adalah adanya suatu perilaku-perilaku tertentu misalkan gaya berpakaian, adanya suatu kebiasaan, dan adanya adat istiadat serta kepercayaan dan tradisi.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh dari budaya

  1. Contoh alat musik daerah
  • Alat musik dari Jawa Tengah : Gamelan
  • Alat musik dari jawa barat : angklung
  • Alat musik dari Sulawesi : kolintang

 

  1. Contoh lagu-lagu daerah
  • Jakarta : kicir-kicir
  • Jawa Tengah : suwe ora jamu
  • Papua : apuse
  • Sumatera Barat : badindin
  • Jawa Barat : manuk dadali
  • Sumatera selatan : dek sangke
  • Ambon : ampar-ampar pisang
  • Sulawesi selatan : angina mamiri

 

  1. Contoh Rumah Adat daerah
  • Rumah Adat Joglo terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur serta DIY
  • Rumah Adat Kesepuhan terdapat di Jawa Barat dan Banten
  • Rumah Adat Krong Bade terdapat di Nanggroe Aceh Darussalam
  • Rumah Adat Gadang terdapat di Sumatera Barat
  • Rumah Adat Melayu Selaso terdapat di Provinsi Riau
  • Rumah Adat Limas terdapat di Sumatera Selatan
  • Rumah Adat Bangsal Kencono terdapat di Dearah Istimewa Yogyakarta
  • Rumah Adat Gapura Candi Bentar terdapat di Bali

Demikian pembahasan lengkap tentang pengertian budaya secara umum ataupun pengertiaan budaya menurut beberapa para ahli, serta ciri-ciri dan unsur-unsur budaya.

Semoga dengan artikel ini bisa  memberikan pengetahuan kepada anda tentang kebudayaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *