Sangat Wajib Diketahui, Inilah Beberapa Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok – Memiliki rambut yang sehat, tebal dan juga halus pastilah merupakan suatu idaman semua orang, entah itu wanita ataupun pria. Akan tetapi untuk bisa mempunyai rambut yang seperti itu tentu bukan hal yang mudah dilakukan.

Banyak sekali cara untuk merawat rambut kita agar bisa terlihat indah untuk di pandang, dan salah satunya mungkin dengan seringnya melakukan keramas setiap hari.

Tapi apakah anda tahu sebelumnya, jika melakukan keramas setiap hari akan berdampak yang negative untuk rambut. Yaa, rambut rontok yang akan anda alami jika terlalu sering mengeramas rambut.

Rambut rontok merupakan hal yang bisa di bilang wajar di alami setiap orang. Biasanya rambut akan mengalami kerontongan sekitar 100 helai per harinya karena itu merupakan siklus dari pertumbuhan rambut.

Rambut yang rontok tersebut adalah rambut yang telah berhenti tumbuh lalu rontok dan itu akan membuat tumbuhnya kembali rambut baru.

Yang harus di khawatirkan jika rambut rontok adalah jika jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai.

Tapi bagaimana cara mengetahui rambut yang rontok ?

Cara yang paling terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan melihat kondisi rambut.

Apabila rambut lebih terasa tipis dari biasanya dan rontoknya rambut begitu mudah di bandingkan dengan sebelumnya, baru itu merupakan hal yang wajib anda khawatirkan.

 

Penyebab Kerontokan Rambut

Barikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan yang menjadi penyebab terjadinya kerontokan rambut :

 

  1. Faktor Genetik

Umumnya bentuk, warna dan juga jenis rambut akan diturunkan secara alami dari factor keturunan. Itu juga sama terjadi pada penyebab kerontokan rambut.

Apabila anggota keluaraga anda memang banyak yang mengalami masalah akan kerontokan rambut juga, mungkin itu bisa menjadi satu alasan kenapa rambut anda juga mengalami kerontokan.

Karena salah satu penyebab kerontokan rambut merupakan factor dari keturunan.

 

  1. Factor Medis

Ada juga beberapa kondisi medis yang menjadi factor dari penyebab terjadinya kerontokan rambut. Seperti misalnya infeksi kulit kepala, anemia dan juga perubahan hormon.

Jika anda memang mengalami kondisi medis seperti itu jangan kaget jika kerontokan rambut juga bisa anda alami.

 

  1. Gaya Hidup

 

 

Dan factor yang paling sering di alami oleh banyak orang adalah gaya hidup. Biasanya gaya hidup yang menjadi factor penyebab kerontokan rambut meliputi asupan dari suatu nutrisi dan juga aktifitas sehari-hari.

Supaya pertumbuhan rambut bisa terjadi secara optimal, tubuh juga membutuhan suatu asupan nutrisi. Untuk asupan nutrisi tersebut biasanya merupakan nutrisi dari protein, vit B kompleks dan juga gingseng.

Pada perempuan yang berusia sekitar 20 tahun biasanya mengalami masalah kerontokan rambut di karenakan gaya hidup yang tidak baik dan kurangnnya olahraga.

 

  1. Cara menata rambut

 

 

Menata rambut agar bisa terlohat rapih merupakn suatu hal yang memang wajar di lakukan oleh setiap orang pada rambutnya. Akan tetapi ada beberapa kebiasan menata rambut yang justru bisa menyebabkan kerusakan rambut. Seperti contohnya adalah mengikat rambut secara kuat.

Dengan mengikat rambuat secara kuat setiap harinya  dan dalam jangka waktu yang lama tentu bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Itu bisa membuat tekanan pada kulit kepala dan menyebabkan kerontokan.

 

  1. Mencuci rambut terlalu sering

Tujuan dari mencuci rambut atau keramas merupakan hal yang sebenarnya umum dilakukan untuk mencuci agar rambut tidak terlalu berminyak dan kotor. Tapi apa anda tahu jika terlalu sering mencuci rambut justru akan menyebabkan masalah baru.

Dengan terlalu sering melakukan pencucian rambut, itu justru akan mengakibatkan hilangnya kelembaban rambut dan minyak alami dari rambut. Ini akan menyebabkan suatu rambut menjadi bercabang.

 

  1. Mencuci rambut menggunakan air panas

Mencuci rambur memakai air panas adalah suatu kesalah yang terbesar yang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Dengan air panas itu dapat merusak batang rambut dan juga membuat ujung rambut menjadi bercabang.

Akan lebih baik jika mencuci rambut dengan menggunakan air dingin atau hangat saja.

 

  1. Menyisir dengan arah terbalik

 

 

Biasanya karena rambut ingin terlihat bervolume, kebanyakan orang akan menyisir rambut ereka dengan arah yang terbalik. Akan tetapi kebiasan ini juga merupakan kebiasaan buruk, ini bisa merusak rambut dan membuatnya menjadi mudah rapuh.

Selain membuat rambut menajdi rapuh, kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan rambur menjadi pecah-pecah.

 

  1. Menyisir saat rambut basah

 

 

Menyisir ketika kondisi rambut juga merupkan suatu kebiasan yang bisa berdampak buruk pada rambut anda. Ini bisa juga menyebabkan rambut menjadi mudah rapuh dan semakin rontok.

Oleh karena itu  hidari kebiasan buruk untuk menyisir rambut ketika rambut dalam keadaan basah.

 

  1. Mewarnai rambut

 

 

Mewarnai rambut memang tidak secara lenagsung membuat rambut menjadi rontok. Akan tetapi hal itu bisa merusak lapisan pelindung rambut dan membuat rambut manjadi kering, kusam dan mudah patah.

Maka sebaiknya anda menghindari untuk terlalau sering mewarnai rambut karena itu merusak kesehatan rambut anda.

 

  1. Faktor Diet

Percaya ataupun tidak, diet juga merupakan sesuatu yang bisa mempengaruhi dari kesehatan rambut anda. Dengan meningkatkan asupan makanan vegetarian juga berkontribusi pada masalah kerontokan rambut.

Sebuah penilitian menyebutkan jika kekurangan nustrisi dan juga protein bisa menyebabkan suatu masalah yaitu kerontokan rambut.

 

  1. Faktor dari Racun

 

 

Racun bisa berupa apa saja, tidak harus terus berkaitan dengan makanan. Dan racun yang paling umum pada rambut adalah asap kendaraan. Kesehatan rambut memang sangat terpengaruh dari suatu polusi yang dapat merusak dan menyebakan rambut menjadi tipis.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika orang-orang yang tinggal di suatu perkotaan akan sering mengalami kerontokan rambut karena di sebakan banyaknya asap, nikel, timbal dan juga pencemaran udara.

 

Cara Mencegah Rambut Rontok

Untuk dapat mencegah terjadinya kerusakan rambut yang dapat menyebabkan kerontokan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kulit untuk bisa mengetahui penyebab pasti kerontokan rambut yang di alami.

Bisa juga anda menghidari hal-hal yang tadi di sebutkan di atas agar bisa mencegah terjadinya kerontokan pada rambut anda. Tentu itu akan sedikit membawa pengaruh terhadap kerusakan ram,but yang anda alami.

Mulailah untuk belajar hidup sehat dan juga menjaga kebersihan, itu pasti akan membuat kesehatan rambut anda mejadi bertambah. Bahkan bukan hal yang mustahil jika anda bisa memiliki rambut indah idaman anda.

Selain itu juga ada beberapa cara yang alami yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa mencegah kerontokan pada rambut di usia sekitar 20 tahunan, yaitu :

  • Keramas yang bisa anda lakukan selama 2 sampai dengan 3 kali dalam seminggu
  • Pilih shampoo rambut yang sesuai dengan jenis dan sidat rambut anda
  • Menjaga pola makan sehat dengan makan makanan yang kaya dengan nustrisi dan juga protein

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang mungkin sedang mengalami masalah kerontokan pada rambut anda. Dengan ini anda bisa mengetahi apa saja penyebab dari kerontokan yang bisa anda alami. Terimakasih…. 😉

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *