Sebelum Membeli, Ketahui Dahulu Perbedaan Jenis Kucing Anggora dan Persia Berikut Ini

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia – Berbicara tentang jenis kucing peliharaan, tentunya teman-teman semua memiliki pendapat yang berbeda-beda tergantung pada seleranya masing-masing.

Ada banyak sekali jenis kucing yang ada di dunia, tapi apakah anda tau jika ada beberapa jenis kucing yang mempunyai penampilan sangat lucu dan juga sangat bersahabat dengan orang.

Dari keanekargaman tersebut pastinya juga menambah semangat kita untuk bisa memelihara dan juga merawat kucing sebagai hewan perliharaan kita di rumah.

Bagi sobat intiptrik.com semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi sebuah sarana edukasi untuk semua orang entah itu pencinta kucing ataupun bukan.

Di Negara Indonesia sendiri peminat untuk seekor kucing peliharaan bisa di katakana cukuplah tinggi peminatnya, seperti adanya pecinta kucing Persia, pecinta kucing anggora, kucing shorthair, kucing maine coon dan bahkan juga ada yang memelihara kucing kampong yang itu merupakan kucing pribumi Indonesia yang tentunya juga tidak kalah menggemaskan.

Bahkan menurut sebuah badan penelitian mengatakan jika kucing Persia sekarang ini menjadi jenis kucing peliharaan yang paling popular di Indonesia, di ikuti oleh jenis kucing anggora yang menduduki posisi kedua yang terpopuler di Indonesia.

Secara umum hampir semua jenis kucing atau ras kucing mempunyai bentuk yang lucu dan juga adopable atau bisa di pelihara sebagai hewan peliharaan.

Kucing biasanya akan di pilih karena bentuknya yang lucu, tingkahnya yang menggemaskan dan juga mudah untuk bergaul dengan manusia bahkan dengan hewan lainnya.

Bahkan pada kucing yang mempunyai kriteria aman untuk kesehatan anak kecil itu akan menjadi sebuah nilai plus utnuk kucing itu sendiri agar sesorang bisa memeliharanya.

Tapi bagi anda yang masih bingung untuk memilih jenis kucing antara kucing anggora dan juga Persia, berikut ini kami akan sedikit mengulas beberapa perbedaan yang bisa menjadi sebuah referensi untuk anda memilih jenis kucing yang di inginkan.

Berikut adalah perbedaan antara kucing anggora dan juga kucing Persia :

 

  1. Daerah asalnya

Kucing Anggora – Jenis kucing ini merupakan salah satu jenis kucing tertua yang berasal dari sebuah daerah yaitu Ankara ( anggora ) di Negara Turki yang katanya sudah lama di kenal sejak tahun 1600an.

Kucing Persia – Jenis kucing yang memiliki jenis bulung panjang ini berasal dari daerah Persia ( iran ) yang pada tahun 1620 di bawa untuk pertama kalinya ke Italia dan sampai akhirnya bisa sampai terkenal ke Indonesia.

 

  1. Bentuk Wajahnya 

 

                                                                                                                          sumber gambar : https://satwa.id

 

Kucing Anggora – Untuk jenis kucing Persia mempunyai bentuk wajah seperti kucing pribumi atau kucing kampung. Bentuk wajahnya sedikit segitiga dengan hidung yang sedikit agak mancung dan juga telinganya terlihat runcing dan juga panjang.

Kucing Persia – Pada kucing Persia pada bentuk wajahnya akan sedikit bulat dengan mempunyai hidung yang kebanyakan memang tidaklah terlalau mancung. Bahkan jika anda memperharikannya dari samping jenis kucing Persia ini akan terlihat datar antara hidung, dahi dan juga dagunya. Warna bola mata dari jenis kucing ini juga lebih bervariasi di bandingkan dengan kucing anggora pada umumnya.

 

  1. Bentuk tubuhnya

 

                                                                                                                          sumber gambar : https://satwa.id

 

Kucing Anggora – Untuk ukuran tubuh kucing si anggora ini bisa juga di katakana ideal, biasanya ia lebih terlihat langsing dan otonya tidak terlihat menonjol dan ia juga memiliki ukuran tubuh yang bisa di bialang clebih tinggi dari pada kucing Persia.

Kucing Persia – Pada jenis kucing Persia bentuk tubuhnya akan sedikit terlihat gemuk dan juga bulat. Tinggi badannya juga tidak akan setinggi kucing anggora, sebab dapat di lihat dari bentuk kakinya yang pendek akan tetapi kokoh dengan bentuk cakar yang membulat.

 

  1. Jenis bulunya 

 

                                                                                         sumber gambar : http://danperbedaan.blogspot.com

 

Hampir semua jenis kucing pastinya mempunya bulu yang menyeliputi seluruh bagian tubuhnya akan tetapi terkecuali jenis kucing dari Sphinx yang memang tidak mempunyai bulu. Dari dari jenis bulunya juga kita bisa mengetahu perbedaan jenis kucing tersebut.

Kucing Anggora – Pada kucing anggora memiliki jenis bulu yang tebah di sekujur tubuhnya, tapi tentunya tidak akan setebal dari bulu kucing Persia. Akan tetpi bulu pada ekor kucing jenis ini mempunyai bulu yang panjang dan juga tebal dan bahkan ada yang menyebutnya dengan sebutan ekor musang karena kemiripan dari ekornya tersebut.

Di bagian wajah, bulu yang di milikinya tidak panjang dan juga tidak lebat  akan tetpi lebih cenderung lebat di bandingkan bulu pada wajah kucing pribumi.

Kucing Persia – Berbeda dengan jenis kucing Persia ini, bulu yang di puyainya di seluruh tubuh bisa di bilang tebal entah dari wajah, ekor dan juga badannya, bahakan itu akan sangat terlihat tebal pada jenis kucing Persia murni.

 

  1. Bentuk ekornya

 

                                                                                                                       sumber gambar : https://kucing.org

 

Kucing Anggora – Apabila anda sudah mengetahui jenis kucing anggora yang asli atau bukan, tentu anda akan mengetahui jika jenis kucing anggora mempunyai ekor dengan bulu yang panjang dan juga tebal seperti pada ekor musang.

Kucing Persia – Pada ekor kucing Persia memang memiliki bulu tebal di ekornya sama seperti bulu pada tubuhnya, akan tetpi tentu itu tidak akan lebih panjang dan tebal jika di bandingkan kucing anggora.

 

  1. Di lihat dari kepribadiannya

 

                                                                                                                           sumber gambar : https://satwa.id

 

Kucing Anggora – Pada kucing anggora, jenis kucing ini biasanya akan lebih aktif, senang bermain dan juga energik. Jenis kucing ini juga cukup cerdas, dapat di lahit, bias berinteraksi dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan ramah pada manusia ataupun hewan lainnya.

Kucing Persia – Ini berbeda pada kucing Persia yang memang sedikit malas dan juga manja. Maka pada jenis kucing ini akan sedikit terlihat kalem dan juga penurut.

 

  1. Masalah kesehatannya

Kucing Anggora – Untuk kesehatan dari jenis kucing anggora ini bisa di bilang cukup baik, dia akan tahan terhadap penyakit yang biasa saja. Tapi anda perlu juga memperhatikannya jika pada penyakit ini : Ataxi dan Hypertropic.

Kucing Persia – Pada kesehatan kucing Persia memang memerlukan perhatian yang lebih. Dengan bulunya yang tebal jenis kucing ini akan sangat mudah terkena segala jenis penyakit.

 

  1. Penampilan

 

                                                                                    sumber gambar : http://kesihatankucing.blogspot.com

 

Kucing Anggora – Penampilan pada kucing anggora terbilang tidak terlalu ribet akan tetapi tetap perlu di perhatikan.

Kucing Persia – Memiliki bulu yang tebal, maka untuk penampilan pada jenis kucing ini juga bisa di katakana sedikit ribet dan membuthkan perhatian yang lebih.

 

Jadi sekarang anda ingin memilih untuk memeliihara kucing jenis anggora atau kucing jenis Persia? Apabila anda lebih menginginkan jenis kucing yang lebih aktif maka kucing anggora bisa menjadi pilihan yang tepat.

Akan tetapi jika anda menginginkan jenis kucing yang imut, lucu dan juga penurut dan juga tidak terlalu aktif, maka kucing jenis Persia yang lucu ini akan jadi pilihan yang pas.

Dengan adanya artikel ini apa anda sudah paham tentang perbedaan antara kucing anggoran dan juga kucing Persia. Dan semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda mengenal lebih baik dari jenis2 kucing peliharaan, terimakasih…. 🙂 🙂 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *