Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Ada

Perlengkapan Bayi Baru Lahir – Bagi calon orang tua baru yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati seringkali merasa kebingungan dalam memilih beberapa perlengkapan bayi. Sebagian besar calon ibu dan ayah pasti sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat matang.

Bagi bayi yang baru lahir sangat membutuhkan banyak pakaian dan beberapa perlengkapan lainnya yang benar-benar dibutuhkan untuk sang buah hati.

Berikut ini adalah daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan :

 

  1. Popok & Pampers

Dalam memilih popok untuk bayi sang buah hati hendak nya tidak boleh sembarangan, orang tua sang buah hati harus memastikan jika bahan kain popok lembut dan dapat menyerap air.

Dalam memilih pampersnya pilihlah model yang bisa dibuka, karena akan lebih mudah dibersihkan saat dede bayi pup.

 

  1. Kain bedong

Kain bedong ialah kain halus yang digunakan untuk membungkus bayi agar ia merasa nyaman saat tidur. Dalam penggunaan kain bedong yang berguna untuk membungkus bayi diusahakan jangan terlalu kencang agar kaki bayi bisa bergerak dengan nyaman.

Penggunaan kain bedong yang terlalu ketat akan membahayakan pembentukan dari struktur tulang bayi yang berakibat bisa merusak tulang rawan.

 

  1. Baju bayi

 

 

Beberapa pakaian bayi yang perlu dipersiapkan terdiri dari baju bayi lengan pendek dan lengan panjang, celana pendek dan celana panjang, kaos, singlet, kaos tangan pendek dan kaos tangan panjang.

 

  1. Kaos kaki dan sarung tangan

Kaos kaki dan sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi kuku-kuku di jari mungil sang bayi dan juga berfungsi sebagai penghangat saat cuaca sedang dingin.

 

  1. Topi bayi

 

 

Topi bayi sangat berguna dipakai saat bayi keluar rumah agar bayi aman dari sengatan sinar matahari secara langsung dan bisa menjaga bayi agar tetap hangat saat musim penghujan telah tiba.

Dalam memilih topi bayi hendaknya terbuat dari bahan kain yang halus dan lembut dengan model yang menarik lucu dan unik dan tentunya nyaman dipakai oleh sang bayi.

 

  1. Tempat tidur bayi

 

 

Pilihlah tempat tidur bayi yang nyaman. Banyak macam tempat tidur bayi sebagai pilihan orang tua bayi demi kenyamanan sang buah hati, salah satunya yaitu model ranjang yang memiliki kaki atau bisa juga memilih menggunakan kasur kecil yang diletakkasn di tengah kasur orangtuanya.

 

  1. Perlak

Perlak ini digunakan sebagai alas tidur dede bayi agar kasur tidak kotor dan basah disaat dede bayi pipis. Pilihlah perlak dengan kualitas bagus yang mampu menjaga agar permukaannya tetap kering saat terkena ompol dede bayi sehinga nyaman dipakai.

 

  1. Kelambu

Kelambu berfungsi untuk melindungi dede bayi dari gigitan nyamuk, kelambu harus selalu dipersiapkan demi kenyamanan dede bayi saat ia tertidur. Pilihlah kelambu dengan kualitas yang bagus, memiliki bingkai yang kuat sehingga aman buat dede bayi.

 

  1. Bak mandi

 

 

Bagi orang tua sang bayi hendaknya memilih bak mandi bayi yang berbahan plastik yang kokoh, ringan dan aman untuk dede bayi. Dan satu yang terpenting pilihlah bak mandi yang tidak terlalu dalam agar dede bayi tidak tenggelam saat dimandikan.

 

  1. Sabun dan shampoo

Bagi orang tua sang bayi pilihlah sabun dan shampoo bayi yang terbuat dari bahan khusus agar tidak menimbulkan iritasi kulit pada bayi dan tidak pedih jika terkena mata.

Pilihlah  Sabun dan shampoo bayi yang diperkaya dengan vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit bayi agar kulit bayi tetap lembut dan sehat.

 

  1. Handuk khusus bayi

 

 

Handuk bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang sangat penting untuk membungkus dede bayi setelah ia mandi agar badan cepat kering. Sebaiknya pilihlah jenis bahan yang lembut, aman dan nyaman agar kulit dede bayi tidak menjadi lecet.

 

  1. Minyak telon khusus bayi

Minyak kayu putih dan minyak telon ini tidak pernah terpisahkan dari dede bayi, penggunaan minyak ini sangat bermanfaat agar badan dede bayi menjadi hangat setelah mandi.

Gunakan secara rutin dan oleskan dibagian perut dan dadanya agar membuatnya terasa hangat terutama saat musim penghujan tiba.

Pilihlah produk minyak kayu putih dan minyak telon yang berkualitas bagus dan aman untuk dede bayi dan juga bagi orang tua bagi hendaknya memastikan bahwa dede bayi nya tidak alergi terhadap minyak kayu putih dan minyak telon tersebut.

 

  1. Botol susu bayi

 

 

Botol susu bayi salah satu perlengkapan yang wajib ada. Pilihlah botol bayi yang aman dan sesuai standar kesehatan, tidak boleh sembarangan dalam membeli botol susu bayi karena akan berakibat buruk bagi kesehatan sang buah hati.

 

  1. Bedak bayi dan baby oil

Bedak ini berguna menjaga kulit bayi agar tetap kering dan wangi sedangkan baby oil berguna untuk menjaga kelembapan suhu tubuh bayi dan membersihkan kulit pada dede bayi.

Dan yang terpenting pilihlah bedak bayi dan baby oil yang sesuai dengan standar kesehatan agar aman dipakai sang buah hati.

 

  1. Selimut bayi

 

 

Selimut bayi juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga suhu badan dede bayi agar tetap hangat. Dan juga berguna untuk melindungi badan ketika cuaca dingin. Dan yang terpenting pilihlah selimut bayi dari bahan yang aman dan lembut dan nyaman sehingga aman dipakai dede bayi dalam jangka panjang.

 

  1. Bantal guling bayi

Bantal guling bayi salah satu perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Perlengkapan yang satu ini sangat berguna untuk kenyamanan dede bayi disaat ia tertidur.

Banyak macam variasi bantal guling untuk dede bayi, pilihlah bantal guling yang unik, lucu dan yang terpenting memiliki kualitas yang bagus, nyaman dipakai dan  tidak mudah kempes serta lepek pada saat dipakai.

 

  1. Tisu wajah bayi

Tisu wajah bayi merupakan barang yang sangat dibutuhkan untuk dede bayi dan cukup penting. Tisu wajah bayi berguna untuk membersihan badan dede bayi pada saat pipis ataupun pup agasr kulit bayi tetap terjaga dan tetap kering sehingga tidak menimbulkan iritasi bada kulit dede bayi tersebut.

Buat para orang tua, sebaiknya  gunakan tisu basah dan aman untuk kulit bayi. Selain tisu basah bisa juga menggunakan tisu kering yang aman untuk kulit bayi dalam membersihan kulit bayi.

Tisu basah dan tisu kering khusus bayi juga aman untuk kesehatan dede bayi.

 

  1. Lemari pakaian bayi

 

 

Bagi para orang tua hendak nya memisahkan pakaian orang dewasa dengan pakaian dede bayi, kenapa? Karena dengan lemari pakaian khusus bayi akan memudahkan dalam menampung dan menata pakaian dede bayi sehingga menjaga pakaian dede bayi tetap bersih dan steril dari kuman.

Hendaknya pilihlah lemari yang menggunakan bahan plastik selain lebih ekonomis juga aman dan nyaan digunakan.

 

  1. Alat pembersih botol

Alat pembersih botol ini salah satu perlengkapan yang sangat penting yang wajib dimiliki oleh para orang tua yang memiliki dede bayi. Alat pembersih botol berguna untuk membersihkan bagian dalam botol bayi.

Pilihlah alat pembersih botol yang sesuai dengan standar kesehatan yang tidak mengandung BPA.

 

  1. Termos air panas khusus bayi

Termos air panas adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki. Termos ini berguna untuk menyimpan air panas untuk membuat susu, membuat air hangat ataupun untuk mandi dede bayi.

Itulah beragam perlengkapan bayi yang wajib ada di rumah sebelum si buah hati hadir ke dunia nyata. semoga dengan beberapa referensi di atas anda tidak perlu bingung lagi dalam menyiapkan perlengkapan untuk calon bayi anda nantinya. terima kasih 😉

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *