Rahasia Teknik Memotong Besi Secara Profesional di Proyek Konstruksi

Memotong besi memang memerlukan keahlian tersendiri. Bahan dari besi yang tidak bisa dipotong dengan alat pemotong biasa, membuat ada alat dan teknik khusus sendiri untuk memotongnya. Biasanya seorang tukang bangunan sudah pro dalam melakukan hal ini. Namun, anda juga bisa lho! memotong besi sendiri di rumah.

Tips Aman Teknik Memotong Besi Dengan Gerinda

Gerinda adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk memotong besi, contohnya besi dowel yang sering digunakan sebagai penghubung pembuatan jalan. Tentu, alat ini merupakan alat yang tepat untuk memotong besi dengan teknik benar. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini

1. Siapkan Besi

Pertama-tama siapkan dulu besi yang akan dipotong dan letakkan pada permukaan yang rata, baiknya jangan letakkan besi di atas tanah karena pekerjaan tidak lebih efisien. Permukaan yang rata akan memudahkan pekerjaan dalam memotong besi.Posisikan besi dengan baik agar memudahkan anda untuk memotongnya.

gunakan pelindung saat mengolah material besi

2. Gunakan Pelindung

Teknik memotong besi yang baik saat menggunakan gerinda adalah menggunakan alat pelindung, karena gerinda termasuk ke dalam alat yang berbahaya jika tidak digunakan dengan benar. Roda pada gerinda akan berputar dengan tenaga yang besar sehingga perlu perlindungan ekstra. Selain itu alat ini akan memberikan energi panas agar besi dapat dipotong dengan mudah. Oleh karena itu tubuh anda harus terlindungi dengan rapat. Gunakanlah baju khusus atau pun baju tebal, pelindung kepala, penutup muka dan sarung tangan.


Baca juga: Aspek Penting Penataan Ruang Kantor


3. Pastikan Aliran Listrik Dengan Baik

Gerinda ini dapat djalankan dengan adanya listrik, sehingga pastikan dahulu bahwa kabel-kabel sudah terpasang dengan baik. Kemudian tekan tombol power maka roda pada gerinda akan berputar. Posisikan gerinda dengan nyaman dan strategis di tangan anda. Tekanlah roda gerinda pada besi yang akan dipotong secara perlahan. Biarkan roda tersebut mengenai besinya sampai terjadi pemotongan. Jauhkan pula pekerjaan ini dari anak kecil karena akan sangat berbahaya.

Setelah besi terpotong dengan sempurna, jangan langsung sentuh besi dowel dengan tangan atau pun bagian tubuh lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan tubuh dari rasa panas. Besi yang baru dipotong dengan gerinda akan terasa panas, sehingga perlu didiamkan beberapa menit.

Teknik ini akan sangat bagus untuk memotong yang ketebalannya sedang, sehingga tidak perlu membutuhkan waktu lama dan tenaga yang besar. Oleh karena itu gunakanlah mesin gerinda untuk dapat memotong besi dengan teknik yang baik.

Nah begitulah rahasia memotong besi dengan mudah dan aman. Anda tidak perlu memanggil tukang bangunan hanya untuk memotong besi. Hal ini dapat dilakukan sendiri di rumah dengan alat gerinda, pastikan lakukan pemotongan ini dengan prosedur dan teknik yang benar ya!

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *