Salah Kaprah Masyarakat Tentang Jurusan Arsitek dan Teknik Sipil

Arsitek dan Teknik Sipil

Arsitek dan teknik sipil merupakan dua jurusan yang sama-sama mempelajari ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang konstruksi. Namun banyak masyarakat yang salah mengerti dan berpikir bahwa teknik sipil adalah calon pegawai negeri sipil dan bekerja di lembaga-lembaga pemerintahan. Mahasiswa jurusan teknik sipil belajar prinsip-prinsip matematika yang akan berguna dalam perencanaan konstruksi. Mereka biasanya bekerja di jasa kontraktor dan bertindak sebagai mandor yang bertugas mengatur para pekerja dan bertanggung jawab terhadap suatu proyek. Berbeda dengan teknik sipil yang terjun langsung ke lapangan, arsitek berfokus pada ide dan tidak hanya membuat rancangan bangunan yang baik, namun juga memiliki unsur keindahan.

Apa yang Membedakan Jurusan Arsitek dan Teknik Sipil?

Di lingkungan masyarakat, lulusan jurusan arsitek dan teknik sipil sering kali disalah artikan sebagai jurusan yang berjalan di bidang berbeda. Untuk mengatasi kesalah pahaman tersebut, berikut beberapa informasi yang perlu diketahui:

1. Arsitek dan Teknik Sipil Sama-Sama Mempelajari Ilmu Konstruksi

Meski sama-sama mempelajari ilmu konstruksi, arsitek dan ahli teknik sipil memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari dari posisi mereka di suatu proyek. Arsitek bertugas menyumbangkan ide berupa gambar rancangan bangunan, kemudian ia diserahkan kepada ahli teknik sipil untuk dilakukan evaluasi. Setelah melakukan evaluasi, ahli teknik sipil membuat perencanaan manajemen proyek beserta perencanaan finansialnya.

2. Tidak Ada Jaminan Bahwa Lulusan Teknik Sipil Langsung Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Banyak masyarakat di luar sana yang berpikir bahwa lulusan teknik sipil dapat langsung menjadi pegawai negeri sipil. Mungkin karena sama-sama memiliki kata “sipil”. Namun sebenarnya tidak ada jaminan bagi lulusan teknik sipil maupun lulusan jurusan lainnya untuk mendapat jabatan sebagai pegawai negeri sipil tanpa melalui tes terlebih dahulu.

Baca juga: Ciri Khas Atap Minimalis Untuk Tampilan Rumah Anti Mainstream

3. Lulusan Teknik Sipil Bekerja Langsung di Lapangan, Arsitek Tidak

Ahli teknik sipil biasanya bekerja sebagai mandor kontraktor rumah di suatu projek dan terjun langsung melihat kondisi di lapangan. Hal ini berbeda dengan seorang arsitek yang fokus membuat rancangan bangunan beserta rancangan pelaksanaan suatu proyek hanya di atas kertas atau berupa soft file.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are