Simak Pengertian dan Cara Kerja Virtual Private Server di Bawah Ini

Virtual Private Server(VPS) menjadi salah satu jenis hosting yang mungkin banyak digunakan saat ini. Bahkan layanan VPS ini sudah banyak ditawarkan oleh jasa pembuatan website Jakarta. Layanan VPS ini dapat dikatakan cukup laris, apalagi mengingat ada banyak yang ingin menggunakan VPS maupun hosting lain namun belum benar-benar memahami cara penggunaannya.

Cara Kerja Virtual Private Server

Bagi yang belum mengerti apa itu VPS dan bagaimana cara kerjanya kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian VPS dan bagaimana cara kerja dari VPS. Selengkapnya dapat disimak di sini.

Apa Itu VPS?

Virtual Private Server atau yang biasa dikenal dengan VPS adalah salah satu dari sekian banyak layanan hosting. Layanan yang satu ini berbeda dengan jenis layanan yang lainnya. Perbedaan hadir dari ‘ruang pribadi’ yang hadir dari pengguna VPS ini.

Jika selama ini hosting lebih banyak digunakan server fisik, maka pada VPS server yang digunakan adalah server virtual (tidak nyata). Dalam server virtual tersebut, pengguna VPS akan dapat memperoleh ‘ruang pribadi’ yang dapat digunakan sendiri tanpa harus berbagi dengan pengguna lain.

Meskipun masuk dalam skala server virtual, namun sebenarnya pengguna dari VPS akan merasa seolah memiliki server sendiri. Pasalnya VPS ini akan terinstal sampai dengan level OS pada komputer yang menggunakannya. Konsep sederhananya hamour sama dengan partisi hard disk yang ada pada komputer.

Cara Kerja VPS?

Ada perbedaan prinsip kerja VPS dengan hosting server lainnya. Berikut adalah beberapa prinsip cara kerja VPS yang harus diperhatikan oleh pengguna VPS nantinya.

  • VPS seperti yang telah disebutkan sebelumnya menggunakan sistem server virtual yang hampir sama dengan pembagian partisi hard disk pada komputer. Namun, meskipun berjalan secara virtual, ini membuat penggunanya seolah memiliki server fisik sama seperti yang ada pada tempat lain.
  • Kerja VPS hampir serupa dengan sebuah server yang terpisah. Server yang terpisah inilah yang kemudian membuat pengguna seolah memiliki ruang sendiri yang berbeda dengan pengguna lainnya.
  • Setiap VPS memiliki kemampuan untuk melakukan konfigurasi file sistem serta aplikasi software. Hal ini tentu mempermudah penggunanya saat akan melakukan konfigurasi khusus pada server yang dimilikinya.
  • Tak hanya kemampuan konfigurasi yang dimiliki VPS. Di sisi lain VPS juga mempunyai ip address, tables, filtering, port number bahkan sampai dengan aturan routing tersendiri yang berbeda dengan di tempat lain.
  • Bagaimana dengan libraries pada VPS? Pengguna VPS tak perlu khawatir, pasalnya VPS memiliki sistem libraries sendiri. Pengguna juga dapat mengubah sistem libraries yang ada dengan sistem libraries yang lain.

Itu adalah beberapa cara kerja dasar yang harus dipahami dari VPS. Memang memahami VPS mungkin memerlukan waktu khusus. Namun, jika ingin menggunakan VPS tanpa sibuk mempelajari seputar VPS tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan jasa pembuatan website Jakarta Utara yang terpercaya sehingga urusan VPS dapat diselesaikan dengan mudah.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *