Mengenal Lebih Jauh Tentang Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik – Sebelum membahas lebih jauh tentang apa itu tanaman hidroponik akan lebih baik lagi jika kita mengerti terlebih dahulu apa yang disebut dengan kata hidroponik.

Hidroponik berasal dari bahasa yunani dengan terdiri dari kata hydro mempunyai artinya air dan juga ponos berarti daya, maka bisa kita simpulkan jika hidroponik itu adalah suatu budidaya yang hanya menggunakan atau mengutamakan air.

Sebagian orang mungkin sudah pernah mengetahui sebelumnya atau pernah melihat akan budidaya tanaman yang hanya menggunakan air atau tanpa tanah. Ini biasanya dilakukan oleh para petani yang ingin lebih mengefesienkan waktu bahkan bahan dalam berbudidaya tanaman.

Tidak hanya pada tanaman berupa sayuran, mungkin anda juga pernah melihatnya pada suatu tanaman hias yang berada di dalam rumah. Dengan tamanan yang tidak menggunakan air untuk mereka tumbuh pastinya juga akan sangat menarik untuk di perhatikan.

 

Manfaat Dari Budidaya Tamanan Hidroponik

Selain sangat efesien dalam pembudidayaan tanaman hidroponik ini, ada beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan jika anda lebih memilih menanam sebuah tanaman dengan cara hidroponik.

Apa saja itu berikut adalah beberapa manfaatnya :

 

  1. Lebih hemat biaya

Hemat disini adalah dalam arti waktu, dengan bertanaman hidropinik itu sudah dipastika jika ini akan lebih menghemat waktu anda daripada bertanam dengan metode biasa atau di atas tanah.

Ini disebebkan karena anda tidak perlu repot untuk menyiramnya setiap hari, larutan mineral dan nutrisi lainnya telah tersedia dalam sebuah wadah atau tampungan.

Maka kita hanya perlu melakukan pengontrolan saja yang tidak perlu juga dilakukan setiap hari.

 

  1. Memanfaatkan lahan terbatas

Dengan bertanam hidroponik sudah pasti akan memasksimal lahan anda jika itu sangat terbatas. Anda tidak perlu memiliki lahan tanah yang luas untuk bercocok tanam dengan jumlah banyak. Pada tanaman hidroponik anda bisa membuatnya secara bertingkat.

 

  1. Ramah lingkingan

Dengan bertanam hidroponik sudah dipastikan akan sangat ramah lingkungan, itu karena pada tanaman ini anda tidak membutuhkan suatu obat hama atau pestisida yang dapat merusak tanah. Dengan hanya menggunakan air ini akan membuatnya sangat ramah lingkungan.

 

  1. Pertumbuhan akan lebih cepat

Biasanya dengan bertanam menggunakan sistem hidroponik ini akan membuat tanaman tersebut sangat cepat tumbuh dan bahkan kita bisa mengontrol pertumbuhannya setiap hari.

 

  1. Tidak bergantung dengan musim

Mungkin biasanya para petani akan memperhatikan sebuah musim sebelum melakukan penanaman, tapi dengan sistem hidroponik anda tidak perlu bergantung pada suatu musim. Karena anda bisa mengontrol pertumbuhannya secara berkala.

 

  1. Lingkungan terlihat lebih bersih

Dalam lingkungan tempat bercocok tanam hidroponik pasti akan telihat lebih bersih, karena ini tidak perlu menggunakan tanah yang biasanya bisa membuat kotor lingkungan atau tanaman itu sendiri.

 

  1. Lahan tamanan akan lebih fleksibel

Anda tidak harus mempunyai lahan tanah yang luas dalam bertanam hidroponik, lahan untuk tamanan hidroponik cukup fleksibel.

Anda bisa menaruhnya dimana saja seseuai keinginan entah itu di pekarangan rumah atau mungkin di dalam rumah juga bisa anda lakukan.

 

  1. Mudah dalam proses memanem

Dengan tempatnya yang bersih, dan juga lahannya yang fleksibel pastinya tamanan ini juga akan sangat mudah dalam proses menamennya. Ini juga akan menghemat aktu dan juga tenaga anda.

 

Macam – Macam Tanaman Hidroponik

Itu adalah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika anda lebih memilih bertanam dengan sistem hidroponik dibandingkan dengan sistem konvensional di atas tanah.

Jika anda ingin mencoba untuk bertanam dengan teknik tersebut, berikut ini merupakan beberapa  tanaman yang bisa anda budidayakan dengan cara hidroponik. Apa saja itu, mari kita simak bersama :

 

  • Sawi Hijau

Untuk berbagai tamanan jenis sawi bisa anda budidayakan dengan sistem hidroponik, akan tetapi yang lebih mudah untuk di budidayakan dengan sistem hidropinik adalah tanaman sawi hijau.

Ini merupakan salah satu cara yang lebih efektif dan juga efesian jika anda ingin membudidayakan tanaman sawi hijau.

 

  • Selada Hijau

 

 

Ini juga merupakan salah satu tamanan yang bisa anda budidayakan dengan sistem hidroponik, selain anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan sistem ini.

Tanaman jenis ini juga mempunyai harga yang terbilang mahal dan itu bisa lebih membuat anda mendapatkan untung yang besar.

 

  • Pakcoy

 

 

Pakcoy ini merupakan tanaman yang masih termasuk dalam jenis tanaman sawi. Pakcoy juga memiliki sebutan lain yaitu sawi sendok di karenakan bentuk daunnya yang menyerupai sendok.

 

  • Kangkung hidroponik

 

 

Kangkung marupakan taman yang memang terkenal bisa tumbuh tanpa tanah dengan hanya menggunakan media air. Oleh karenanya kangkung akan sangat cocok jika di budidayakan dengan cara hidroponik. Bahkan mungkin hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan sistem yang biasanya di atas tanah.

 

  • Timun hidroponik

Timun merupakan taman yang mengandung banyak sekali nutrisi dan air, dan tentunya tanaman ini juga akan sangat cocok jika di aplikasikan dengan menggunakan cara sistem hidroponik.

Walaupun timun bisa ditanam dengan berbegai metode penanaman akan tetapi ini akan lebih baik jika di lakukan dengan cara hidroponik.

  • Brokoli Hidroponik

 

 

Brokoli biasanya hanya bisa tumbuh di daerah tinggi saja, akan tetapi seiring dengan berkembangnya waktu kini brokoli juga bisa anda budidayakan dimana saja dengan menggunakan sistem hidroponik. Jadi anda juga bisa membudidayakan brokoli ini di dataran rendah.

 

  • Tomat Hidroponik

 

 

Dengan nutrisi yang sangat banyak yang terkadung dalam tomat, ini juga termasuk ke dalam kategori tanaman yang bisa anda budidayakan dengan cara hidroponik.

 

  • Strawberry Hidroponik

 

 

Strawberry juga termasuk kedalam kategori tanaman yang biasanya tumbuh pada dataran tinggi. Tapi tahukan anda jika anda menggunakan sistem hidroponik dalam menenam tanaman strawberry, ini akan menghasilkan buah strawberry yang lebih banyak?

Ini di sebabkan karena dengan metode hidroponik ini, tanaman strawbeery bisa mendapatkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan memakai metode yang biasanya. Sehingga pertumbuhannya juga akan sangat maksimal.

 

  • Tanaman Cabe Hidroponik

 

 

Ini akan sangat mudah dilakukan dengan menanam tanaman cabe dengan metode hidroponik. Karena pada umumnya menanam cabai memang tidak membutuhkan suatu perawatan yang sangat intensif seperti pada jenis tanaman yang lainnya.

Nah berikut itu adalah beberapa tanaman yang bisa anda tanam dengan metode hidropinik dan juga beberapa manfaat yang juga bisa anda peroleh jika anda lebih memilih bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik dibandingkan dengan metodi biasanya yang menggunakan tanah sebagai media utamanya.

Semoga dengan adanya artikel ini anda jadi lebih tahu dan mengerti apa yang di maksud dengan tanaman hidroponik.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *