5 Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Diterima

Membuat surat lamaran kerja dari dulu hingga kini masih membutuhkan trik-trik tertentu agar mendapat lirikan perekrut. Meski banyak tata cara membuat surat lamaran kerja, pada akhirnya isi dan kreativitas ditentukan dari pelamar itu sendiri.

Apalagi di era digital seperti sekarang, tidak semua perusahaan menerapkan tipe surat lamaran kerja dan CV yang kaku. Di bidang kreatif, model surat lamaran kerja dan CV harus dibuat unik, menyesuaikan bidang yang dilamar.

Bagi pelamar pemula, belajar menulis surat lamaran kerja sangatlah penting. Surat ini merupakan bentuk permohonan untuk mendapatkan jabatan.

Surat lamaran kerja termasuk kategori surat pribadi yang sifatnya sangat penting. Walaupun kamu seorang senior yang telah memiliki banyak pengalaman tetapi isi surat lamaran kerjamu tidak baik, perekrut akan mempertimbangkan ulang untuk menerimamu bekerja.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mencari tata cara membuat surat lamaran kerja yang mengalami perubahan pada setiap dekade. Jika surat lamaran kerjamu baik, ada kemungkinan perekrut menerimamu bekerja.

5 Hal Penting Dalam Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja biasanya berisi perkenalan secara singkat dan keinginan untuk mengisi jabatan yang ditawarkan.

Meski ingin membuat surat yang kreatif, haruslah tetap sopan dan menggunakan tata bahasa yang baik. Berikut ini intiptrik.com berikan hal-hal penting yang sebaiknya tidak luput saat membuat surat lamaran kerja:

1. Buat Tampilan Surat Lamaran Kerja yang Nyaman Dipandang

Selain tata bahasa, tampilan surat sebaiknya nyaman dipandang diri sendiri maupun orang lain. Di era teknologi canggih seperti sekarang sangat mudah membuat tampilan surat yang rapi.

Anda bisa menggunakan Microsoft untuk mengatur spasi surat, margin, hingga ukuran huruf. Tampilan surat yang rapi tentu saja akan dipertimbangkan oleh perekrut.

Sebaliknya, jika tampilan surat terkesan berantakan, maka mudah sekali bagi perekrut untuk menyingkirkan surat lamaran kerja Anda.

2. Buat Informasi yang Ringkas

Hal penting yang harus ada pada surat lamaran kerja adalah nama, tempat/tanggal lahir, pendidikan, hingga status pelamar. Hindari menulis informasi yang kurang dibutuhkan.

Hindari pula menulis ulang informasi yang tertera pada CV. Banyak surat lamaran kerja yang menjabarkan CV sehingga membuat perekrut tidak tertarik dan menyingkirkannya.

3. Menulis Pengalaman Kerja

Meski tidak harus menjabarkan seutuhnya, menulis pengalaman kerja pada surat lamaran dapat membantu Anda dilirik oleh perekrut.

Baca juga: Ingin Melamar Kerja Via Online? Persiapkan Berkas Berikut yang Akan Anda Kirim Via Email

Tulis pula kemampuan Anda yang sekiranya menonjol. Bila perlu, lengkapi berkas-berkas yang harus dikumpulkan dengan melampirkan sertifikat serta portofolio.

Jika Anda mengikuti banyak pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang ditawarkan, tidak ada salahnya membawa sertifikat dan portofolio sebagai pendukung.

4. Menunjukkan Antusias

Membuat Surat Lamaran Kerja

Usahakan untuk memilih kalimat yang mencerminkan bahwa Anda antusias untuk mengisi jabatan tersebut. Pemilihan bahasa yang tepat akan membuat perekrut berpikir bahwa Anda sangat antusias untuk mendapatkan jabatan tersebut.

5. Pratinjau Surat Lamaran yang Ditulis

Setelah selesai membuat surat lamaran kerja, usahakan untuk melakukan review terhadap surat yang telah dibuat. Pada proses ini, Anda meninjau ulang bila terjadi kesalahan pemilihan kata, EYD, tanda baca, hingga layout surat lamaran tersebut.

Jika ditemukan kesalahan, Anda masih bisa memperbaikinya. Proses ini memang membosankan dan membutuhkan ketelitian untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat.

Itulah hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam tata cara membuat surat lamaran kerja. Jangan lupa menandatangani surat yang telah dibuat.

Perhatikan pula batas waktu pengumpulan surat lamaran tersebut. Walaupun Anda telah membuat surat lamaran dengan kualitas sangat bagus, jika dikumpulkan melebihi batas waktu, maka lamaran Anda tidak akan diterima.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are