Teknik Dasar Copywriting Untuk Artikel SEO

Dengan kian pesatnya marketing online, ada satu profesi yang tentunya masih sangat dibutuhkan. Dia adalah penulis. Tentu saja, walaupun dengan media berbeda, pada dasarnya komunikasi mealalui internet adalah komunikasi tulisan. Sehingga tidaklah mengherankan jika jasa penulis artikel berita atau pun copywriting masih kerap dicari

Untuk promosi dan pemasaran, ada satu teknik penulisan yang kerap dicari, yakni teknik copywriting. Pada dasarnya copywriting adalah teknik untuk menghasilkan tulisan atau artikel yang mampu membuat pembaca memberikan responberupa  tindakan sesuai harapan.

Jasa penulis artikel terbaik yang menyertakan teknik copywriting, biasanya akan diikuti oleh permintaan agar pembaca melakukan suatu tindakan tertentu. Misalnya mengklik tulisan “klik untuk melanjutkan” atau “berlangganan” dan lain sebagainya.

Pada saat pengunjung berhasil dikonversi menjadi pelanggan, maka tujuan dari copywriting tersebut telah tercapai.

Teknik AIDA pada copywriting

Tentu saja bukan hal yang mudah untuk bisa mengkonversi kunjungan di website menjadi pembelian atau pelanggan. Ada satu teknik copywriting yang dapat digunakan dalam copywriting yang dikenal dengan teknik AIDA: Attention, Interest, Desire, Action

SIMAK JUGA ARTIKEL INI : Berbagai Manfaat Dari Content Marketing Bagi Pengusaha Kecil 

Attention (Perhatian)

Pada awal artikel copy, harus sudah bisa menarik perhatian dari pembacanya. Misalnya mulai dari judul, atau kalimat pembuka dengan mengajukan pertanyaan kontroversi : Apakah kamu ingin bisa tidur pulas setiap malam? Maka mereka yang sedang menghadapi masalah tidur, akan mulai tertarik dengan pertanyaan ini.

Interest (Tertarik)

Setelah berhasil membuat pembaca memperhatikan artikel, maka buatlah mereka tertarik dengan beragam fakta-fakta serta informasi menarik. Misalnya kamu ingin menyertakan fakta bahwa ternyata orang-orang sukses memiliki tidur cukup dan berkualitas. Dan tambahkan masalah yang kerap dihadapi orang-orang saat ini (pembaca) sehingga sulit tidur. Maka pembaca akan semakin tertarik dengan isi artikel yang makin relevan dengan kondisinya.

Desire (Berhasrat)

Setelah membuatnya tertarik, maka buatlah pembaca merasa bahwa kamu menyediakan apa yang mereka butuhkan. Misalnya, kamu ungkapkan bahwa produk yang kamu miliki membuat orang terlelap tidak lebih dari sepuluh menit. Sehingga pembaca merasa sangat membutuhkan dan menginginkan apa yang kamu tawarkan.

Action (Tindakan)

Inilah bagian yang paling penting. Membuat mereka bertindak sekarang juga! Bagian ini kerap disebut call to action, atau panggilan untuk bertindak. Kamu bisa memberi iming-iming yang menarik dan menutupnya dengan ajakan segera memesan atau menghubungi kamu melalui media yang disediakan.

Itulah teknik dasar copywriting yang efektif untuk diterapkan oleh siapa saja termasuk kamu dan penyedia jasa penulis artikel terbaik.

 

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *