5 Kelebihan Tempat Minum Ayam Otomatis yang Bisa Dijadikan Pilihan Terbaik

Bisnis ayam di zaman sekarang ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, dilihat dari hampir semua masyarakat di negara kita sangat menyukai ayam.

Baik ayam petelur maupun ayam daging menjadi salah satu bisnis yang sangat menarik, namun banyak orang menyerah di tengah jalan karena bangkrut dan tidak menghasilkan banyak uang. Biasanya hal ini terjadi karena sistem pemeliharaan yang salah, oleh sebab itu sangat penting belajar terlebih dahulu sebelum memilih bisnis ayam.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ayam adalah pendistribusian air, pemberian air yang salah bisa mengakibatkan ayam kurang berkualitas.

Untuk bisnis kecil hingga menengah pendistribusian ayam masih bisa menggunakan cara manual, namun jika bisnis semakin besar hingga memiliki ribuan ekor ayam di dalamnya maka dibutuhkan cara yang lebih efektif dalam mendistribusikan air.

Salah satu cara yang bisa dipilih adalah menyediakan tempat minum ayam otomatis yang dikenal juga dengan nama TMAO.

Tempat Minum Ayam Otomatis
Source : www.bukalapak.com

Kelebihan-kelebihan Tempat Minum Ayam Otomatis

Jenis-jenis tempat minum ayam sangat bervariasi, kamu bisa memilih tempat minum ayam dengan model terbuka, dengan model tertutup dan dengan model otomatis.

Untuk tempat minum dengan model terbuka hanya cocok digunakan bagi pebisnis ayam dengan skala kecil, karena model minum ayam jenis ini membutuhkan tenaga manual sehingga tidak tepat digunakan pada bisnis dengan skala yang besar.

Namun, kamu juga akan menemukan beberapa kelebihan dari tempat minum jenis ini, antara lain tidak membutuhkan biaya yang besar dan sangat mudah untuk dibersihkan.

Tempat minum ayam selanjutnya yang harus kamu tahu adalah tempat ayam model tertutup, model jenis ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan rumit dalam pemeliharaannya, namun model ini memiliki keunggulan yang cukup membuat kita melirik, seperti lebih aman tidak mudah terkontaminasi, tidak akan terjadi kelembaban di kandang karena tidak mudah bocor dan lebih awet tahan lama.

Dan model tempat minum yang ketiga adalah tempat minum ayam otomatis, ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari tempat model satu ini. Untuk lebih tahu secara detail kamu bisa melihat penjelasan di bawah ini:

1. Ketersediaan air akan selalu ada dan dipastikan dalam keadaan bersih dan segar

Tempat ayam satu ini memiliki kelebihan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat minum manual, air yang ada di dalamnya akan selalu tersedia dalam waktu 24 jam sehingga kamu tidak perlu takut ayam kekurangan air.

Kualitas air yang diberikan juga sangat bersih, air sama sekali tidak tercampur dengan kotoran atau feses ayam. Air juga tidak akan tumpah sehingga kelembaban dan kebersihan dari kandang akan terjaga dengan aman.

2. Mudah dibersihkan

Pembersihan tempat minum ayam otomatis ini sangat mudah sekali untuk dilakukan, kamu cukup membersihkan bagian luarnya saja, caranya dengan menggosokkan bibir tempat minum dan buang kotoran ke dalam wadah lain. Lakukan cara ini satu hari sekali atau dua hari sekali.

3. Pemeliharaan ayam lebih ringan dan efektif

Tempat Minum Ayam Otomatis 2
Source: Google.com

Pebisnis yang menggunakan cara ini tidak akan mengeluarkan tenaga yang banyak, sangat berbeda dengan tempat minum manual yang membutuhkan banyak tenaga untuk mendistribusikan air. Apalagi buat kamu yang memiliki ayam lebih dari seribu, maka menggunakan TMAO sangat disarankan.

4. Ayam lebih sehat

Selain berdampak positif pada pebisnis, penggunaan tempat minum ayam otomatis juga mempengaruhi kesehatan ayam. Ayam tidak akan mudah setres akibat dari aroma amoniak dan juga bau feses. Ayam akan tumbuh sehat tanpa terjangkit virus dan penyakit lainnya.

Buat kamu yang tertarik dengan tempat minum khusus ayam otomatis maka siapkan dana yang cukup besar, namun dibalik harga yang cukup tinggi kamu akan dipermudah dalam pemeliharaan dan hasilnya sangat memuaskan.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are