Ingin Mendapatkan Situs Belanja Online Terbaik? Terapkan 5 Tips Berikut Untuk Memilihnya

Dunia digital ini, belanja mudah sehingga tak harus keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Anda dapat membeli kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, makanan, peralatan memasak melalui online. Memang praktis dan menyenangkan karena dapat memilih sesuai selera, namun memiliki kekurangan karena pembeli tak dapat melihat fisik barang belanja. Walaupun begitu dapat diatasi dengan cermat memilih online shop.

tips memilih situs belanja online terbaik
Source: Mediakonsumen.com

Tips Cermat Memilih Situs Belanja Online Terbaik

Kemudahan belanja online menguntungkan 2 pihak antara pembeli dan penjual. Hal tersebut memunculkan badan usaha yang menjual barang jualannya secara online, bahkan marak bisnis sampingan online yang menjanjikan. Nyatanya, banyak penjual yang menutupi kekurangan jualannya dengan alasan agar laku. untuk itulah diperlukan tips saat membeli, pilihlah situs belanja online terbaik sehingga tak ada penyesalan barang tak sesuai foto. Berikut ada 5 tips yang dapat diterapkan, yaitu:

1. Memperhatikan Apakah Situs Tersebut Banyak Konsumen Atau Tidak

Situs Belanja Online Terbaik
Source via: Cnnindonesia.com

Mayoritas orang terpukau dan memutuskan membeli produk sebelum mengetahui kinerja situs belanja online tersebut. Padahal tindakan tersebut dapat merugikan anda sebagai konsumen, bisa saja koleksi produk diatur sedemikian rupa padahal kondisi fisik produk berbeda. Jika terlanjur membeli pastinya kecewa dan merasa tertipu karena harganya tak sebanding. Solusinya adalah memperhatikan aktifitas online shop tersebut apakah memiliki banyak konsumen atau tidak, apalagi online shop yang ramai dikunjungi memiliki aktifitas komentar pada koleksi produk yang dipajang.

2. Customer Service Mudah Dihubungi

Belanja online tak afdhol jika tak menghubungi customer service, pasalnya customer service akan menjelaskan segala pertanyaan calon konsumen mengenai produk. Tujuannya agar konsumen tenang belanja tanpa ada keraguan harus mentranfer harga produk beserta ongkos kirim terlebih dahulu. Sejatinya, situs belanja online terbaik memiliki customer service yang mudah dihubungi, bahkan 24 jam dan menganggapi pertanyaan konsumen dengan ramah dan sopan. Konsumen akan aman dari penipuan dan ketidak sesuaian produk dengan koleksi foto.

3. Memilih Toko Online yang Terkenal

Toko Online yang Terkenal
Source via: Maknyusbener.blogspot.com

Jangan salah loh, kini banyak online shop yang hadir dalam iklan secara online maupun tayang di telivisi. Hal itu memudahkan konsumen memilih toko online yang tepat dan memiliki produk yang berkualitas, pasalnya tak ada toko online terkenal yang menawarkan produk dengan kualitas rendah. Memang, sah-sah saja memilih toko online tak terkenal. Namun usahakan yang sudah lama beroperasi sehingga anda dapat memantau aktifitas situs apakah banyak pembeli atau tidak, produknya bagus atau tidak.

4. Mencantumkan Alamat dan Deskripsi Produk Secara jelas

Keraguan belanja online terjadi akibat alamat online shop tidak jelas, ditambah lagi deskripsi produk tidak lengkap. Alhasil timbulah kekhawatiran tertipu produk yang abal-abal, usahakan memilih online shop yang mencantumkan alamat dan deskripsi produk dengan jelas. Tujuannya agar konsumen percaya dan nyaman belanja online, jika perlu hubungilah email atau nomor ponsel online shop yang dituju untuk membuktikan online shop benar-benar resmi. Jika hal tersebut terbukti, sudah dipastikan menjadi situs belanja online terbaik.

5. Menerapkan Sistem Pembayaran Rekening Bersama

Konsumen sering mengeluh karena situs belanja yang dituju memiliki rekening pembayaran yang berbeda. Sebaiknya pilihlah toko online yang menggunakan sistem pembayaran rekening bersama, alasannya agar konsumen mudah melakukan pembayaran karena setiap konsumen memiliki rekening berbeda. Apalagi rekening bersama memberikan keamanan konsumen jika terjadi hal tak diinginkan, pasalnya konsumen dapat menarik kembali uang yang ditransfer ketika produk tak sesuai keinginan atau produk batal dikirim.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are