Editing Video Youtube Ternyata Mudah! Ikuti Tips-Tips Ini

Saat ini kita hidup di era digital, di mana hampir semua kebutuhan hidup dapat diakses melalui perangkat komputer maupun HP. Mulai dari hiburan, pengetahuan, edukasi, kesejahteraan sosial, hingga keamanan menggunakan sistem digital. Salah satu platform yang diakses banyak orang adalah Youtube. Youtube merupakan situs berbagi video yang berdiri pada tahun 2005. Mayoritas konten video Youtube diunggah oleh pengguna individu. Jika menemukan banyak perusahaan media seperti BBC, ABC, dan sebagainya, artinya mereka menggandeng Youtube sebagai salah satu program kemitraan. Sebab, zaman sekarang orang-orang tidak lagi harus menonton melalui televisi, sehingga Youtube menjadi salah satu cara untuk tetap menggandeng para penonton.

Video Youtube
Source via: searchenginejournal.com

Syarat utama untuk bisa mengunggah video di Youtube adalah dengan menjadi pengguna terdaftar. Pengguna tidak terdaftar hanya bisa menonton video. Segala macam konten dapat diunggah di Youtube, mulai dari film pendek, musik, edukasi, tutorial, hingga pengetahuan umum. Tidak heran jika pendidikan zaman sekarang memperbolehkan menggunakan Youtube sebagai sarana belajar.

Setiap video di Youtube memiliki jumlah berapa kali video tersebut telah ditonton. Semakin banyak video dilihat, akan meningkat kan traffic video tersebut. Sementara pemilik video memiliki akses untuk di-subscribe oleh pengguna lainnya. Semakin banyak subscribe, maka Youtube akan membayar pemilik akun tersebut. Tentu saja Youtube mempunyai syarat dan ketentuan untuk mendapatkan uang dengan mengunggah video. Oleh sebab itu, ada istilah Youtubers, yaitu seseorang yang mengunggah video di Youtube dan berusaha menarik banyak penonton sekaligus subscribers untuk mendapatkan penghasilan. Semakin unik konten yang dibuat, maka dapat menarik minat banyak penonton.

Cara Mengedit Video Youtube Bagi Pemula

Banyak yang masih berpikir bahwa mengedit video Youtube adalah hal yang sulit. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Bila Anda masih pemula dalam dunia editing video, tidak ada salahnya coba mengedit video untuk diunggah di Youtube. Saat ini Youtube menyediakan fasilitas Youtube Editor, yang artinya Anda harus mengedit dalam keadaan online. Cara mengedit video Youtube pun sangat mudah, bahkan bagi pemula.

Kali ini kami akan memberikan tips mengedit video Youtube supaya terlihat lebih menarik:

1. Menambah Video ke Timeline

Cara Mengedit Video Youtube
Source via: Wondershare

Setelah berhasil mengakses laman Youtube Editor, Anda bisa mulai memilih video yang telah diunggah. Video yang telah dipilih bisa dimasukkan ke dalam timeline cukup dengan drag atau menekan ikon Tambah di sudut kanan setiap video. Jika Anda memiliki cukup banyak video dan bingung mencarinya, Anda bisa gunakan pencarian dengan mengetik judul video tersebut.

2. Mengedit Video Sesuai Keinginan

Tips mengedit video youtube
Source via: Wondershare

Di sinilah tahap mencurahkan kreativitas yang Anda miliki. Anda bisa mengedit video sesuai dengan keinginan, mulai dari menambah trek audio, tulisan bergerak, hingga menggunakan berbagai filter. Sebagai saran, jangan mengedit video terlalu berlebihan hingga membuat penonton tidak nyaman. Posisikan Anda sebagai penonton baru, nyamankah Anda menonton video tersebut? Youtube Editor telah memberikan fasilitas editing secara otomatis, termasuk mengatur kecerahan hingga menstabilkan video. Manfaatkan fasilitas tersebut sebaik-baiknya.

Baca juga: Solusi Bikin Vlog Traveling yang Berkualitas

3. Jangan Lupakan Transisi Video

mengedit video youtube
Source via: Wondershare

Dalam timeline tersebut akan terdiri atas beberapa video. Agar pergantian video tampak halus, Anda bisa menggunakan transisi video. Youtube Editor menyediakan banyak efek transisi sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Anda bisa menggantinya jika efek tersebut tidak cocok dengan konten yang ingin dibuat.

Sebagai langkah terakhir, jangan lupa untuk preview video yang telah diedit. Langkah ini sekaligus memeriksa jika masih ada bagian video yang salah atau kurang pas. Jika Anda menemukannya, Anda bisa segera mengganti bagian yang kurang pas tersebut.

Demikianlah tips cara mengedit video Youtube bagi pemula. Kalau Anda benar-benar serius dalam dunia konten Youtube, Anda harus memiliki ide konten yang menarik. Semakin sering Anda mengedit video, kemampuan Anda akan bertambah sehingga video yang dihasilkan akan semakin halus.

Selamat mencoba!

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are