Wajib Dicatat! Ini Solusi Mudah untuk Memperbaiki Kerusakan Jalan Beton

Sama halnya dengan kontruksi jalan lain seperti aspal, beton juga sering mengalami kerusakan. Kerusakan pada beton biasnya terjadi karena beberapa faktor, baik dari faktor alam maupun faktor kelalaian manusia.

Salah satu faktor alam yang bisa membuat beton rusak adalah bencana alam seperti gempa maupun banjir. Sedangkan faktor kelalian manusia bisa berupa penggunaan jalan yang dengan beban berlebih, atau kesalahan konstuksi awal saat memasang besi dowel sebelum beton dibuat.

Selain faktor di atas, Anda terkadang memang tak bisa menghindari kerusakan jalan beton. Hal ini dikarenakan jalan beton digunakan sebagai fasilitas umum, yang bisa dilalui oleh siapa saja. Tapi bagaimana ya cara memperbaiki jalan beton yang sudah terlanjur rusak? Berikut ini kami sajikan infonya untuk Anda.

Solusi Memperbaiki Jalan Beton

Salah satu caranya yang paling mudah dan ampuh memperbaiki kerusakan jalan beton adalah dengan melakukan injeksi beton. Sebenarnya itu apa sih? Injeksi Beton atau yang biasa dikenal dengan istrilah Grouting adalah salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan pada struktur jalan beton yang disebabkan terjadinya resapan air hingga ke dalam lapiran beton, beton rusak yang sudah keropos hingga beton yang mengalami keretakan pada stuktur lapisan beton tiu sendiri.

Penanganan dengan injeksi beton atau Grouting ini dilakukan dengan memasukan bahan beton yang masih cair ke dalam retakan yang ada. Cara menempelkannya juga dengan menekan hingga cairan itu masuk ke dalam celah-celah retakan jalan beton. Setelah itu Anda bisa menunggu cairan itu kering dan menyatu dengan jalan beton yang ada.

Pengerjaan perbaikan jalan beton ini terbilang mudah karena tak harus mengubah fondasi dasar jalan beton yang sudah ada. Selain itu waktu pengerjaannya pun tak memakan waktu lama, hanya menunggu beberapa jam hingga cairan itu kering saja. Prosedur perbaikan ini juga banyak dipilih untuk perbaikan jalan beton yang rusak karena bisa dilakukan di malam hari saat lalu lintas jalan sedang sepi sehingga tidak menggangu pengguna jalan.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are