Begini Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Kusam

Memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian orang. Banyak alasan yang melatarbelakanginya, antara lain karena kecintaanya pada hewan maupun sebagai hobi semata. Salah satu jenis hewan peliharaan adalah ikan hias. Jenisnya yang beraneka ragam berbanding lurus dngan penggemarnya.

Ada yang senang memelihara ikan hias air tawar berukuran kecil seperti ikan cupang serta ada pula yang menyukai ikan hias berukuran besar seperti arwana. Sebagai hewan peliharaan, ikan hias tentu saja memerlukan tempat hidup khusus yang layak. Kamu bisa memelihara ikan di kolam maupun di aquarium.

Agar ikan hias peliharaanmu dapat dengan mudah kamu lihat, aquarium merupakan tempat yang cocok digunakan sebagai tempat memelihara ikan hias kesayanganmu.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium
Source: olvascape.blogspot.com

Aquarium memiliki berbagai macam ukuran dari yang kecil sampai besar yang bisa kamu pilih sesuai dengan ukuran ikan dan keinginanmu. Bahan aquarium sendiri kebanyakan terbuat dari kaca transparan. Hal ini menjadi salah satu alasan banyak orang memilih aquarium.

Kaca transparan akan membuat pemandangan di dalam aquarium terlihat jelas. Ikan peliharaan tidak hanya akan terlihat dari atas saja, melainkan dari berbagai sisi saat berenang. Belum lagi hiasan aquarium seperti bebatuan, pohon artifisial, serta wallpaper bergambar kehidupan bawah air dapat terlihat dengan jelas sehingga akan mempercantik aquarium. Untuk menjaga keindahan aquarium kamu perlu melakukan pembersihan secara berkala.

Kaca transparan lama kelamaan akan kusam dan bahkan berkerak. Tentunya kamu perlu memperhatikan bagaimana cara membersihkan kaca aquarium agar selalu bersih dan sehat untuk ditinggali oleh ikan-ikan kesayanganmu.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium dengan Tepat

Sebelum kamu mulai membersihkan aquarium yang kusam, kamu harus paham dulu cara membersihkannya. Pilihlah alat dan bahan yang sesuai dengan komponen yang akan kamu bersihkan.

Pemilihan alat dan bahan yang tidak sesuai akan menyebakan kerusakan pada aquarium seperti tergoresnya bagian luar dan dalam kaca.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan harus kamu sesuaikan dengan fungsinya. Alat-alat yang perlu kamu siapkan antara lain sikat, lap, spons cuci, serta bahan yang perlu disiapkan diantaranya air, dan cairan pembersih. Penggunaan alat dan bahan harus kamu sesuaikan dengan benda yang akan kamu bersihkan.

Untuk mengatasi kaca aquarium yang kusam, kamu sebaiknya menggunakan sikat yang lembut agar tidak menimbulkan goresan sedangkan untuk hiasan aquarium seperti batu artifisial kamu bisa menggunakan sikat yang sedikit kasar agar kotoran dapat terangkat dengan optimal.

2. Membersihkan Aquarium Secara Detail

Membersihkan Aquarium
Source: rumahlia.com

Sebelum memulai pembersihan, kamu perlu mengetahui masalahnya dulu. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih kaca untuk membersihkan kaca aquarium yang kusam.

Pasta gigi juga bisa kamu gunakan agar lebih ekonomis. Apabila timbul kerak pada kaca aquarium kamu perlu memilih bahan pembersih dengan formula yang lebih kuat seperti pembersih lantai.

3. Lakukan Pembersihan Secara Merata dengan Sikat atau Spons

Basahi kaca aquarium dengan menggunakan air. Tuang cairan pembersih sesuai takaran. Agar cairan pembersih dapat bekerja optimal, diamkan terlebih dahulu kurang lebih selama 30 menit kemudian gosok kaca secara merata dengan menggunakan sikat atau spons.

Pastikan kotoran sudah terangkat. Bilas dengan air bersih kemudian keringkan kaca aquarium menggunakan lap kering atau kanebo.

4. Memanfaatkan Ikan Peliharaan

ikan sapu-sapu
Source: kuyahejo.com

Selain cara membersihkan kaca aquarium yang dapat kita lakukan secara manual, ikan peliharaan juga dapat kita manfaatkan.

Kita dapat memelihara ikan jenis pembersih dalam aquarium salah satu contohnya ikan sapu-sapu. Ikan ini akan memakan kotoran pada aquarium sehingga kaca aquariummu tidak gampang kusam.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are