6 Desain Kelas SD yang Bisa Menambah Semangat Belajar

Sekolah merupakan tempat rutin yang dikunjungi pelajar, karena perannya sebagai media untuk menuntut ilmu. Namun, masih banyak beberapa pelajar yang merasa malas ke sekolah karena berbagai alasan, khususnya anak SD yang masih senang bermain.

Desain Kelas SD

Salah satu faktor yang menyebabkan anak-anak jenuh belajar di sekolah adalah karena sistem belajar yang membosankan, serta desain kelas SD yang terlalu monoton.

Inspirasi Desain Kelas SD yang Kece dan Tidak Membosankan

Selain mengoptimalkan bentuk bangunan sekolah yang dikerjakan kontraktor, ada beberapa inspirasi yang bisa ditiru dalam mendesain kelas. Desain ini bisa diterapkan oleh guru kelas yang lebih mengetahui kondisi kelas nya selama proses belajar mengajar, beberapa inspirasi desain kelas dari intiptrik.com meliputi.

1. Kelas SD Dengan Pilihan Tema yang Ceria

Kelas SD Dengan Pilihan Tema yang Ceria

Sebelum memutuskan untuk membuat desain kelas SD yang kece, tentukan tema yang akan digunakan dalam kelas.

Gunakan tema yang ceria untuk diaplikasikan pada ruang kelas SD yang tidak hanya sebagai hiasan, namun untuk pembelajaran. Seperti penggunaan tema kelas yang hijau, kelas full color, bawah laut, luar angkasa dan sebagainya.

2. Penggunaan Interior Kelas yang Mendukung Tema

Interior Kelas yang Mendukung Tema

Penggunaan interior kelas yang sesuai dengan tema juga bisa menambah keindahan kelas. Misalnya tema kelas adalah full color, maka gunakan salah satu warna yang paling netral sebagai dasar warna dindingnya.

Lalu tambahkan interior kelas seperti hiasan gantung, dan  warna kursi dan meja kelas yang berwarna warni untuk mendukung tema full color.

3. Papan Kelas Dengan Hiasan Sederhana

Papan Kelas Dengan Hiasan Sederhana

Di dalam kelas terdapat banyak sekali papan dengan fungsinya masing-masing, seperti papan tulis, papan absen, ataupun papan madding.

Agar tidak terlihat monoton, tambahkanlah hiasan pada setiap sudut papan, baik menggunakan kertas origami atau ukiran.

Hiasan pada papan sangatlah penting, karena papan akan selalu menjadi titik fokus yang dilihat penghuni kelas ataupun pengunjung, sehingga hiasannya bisa menciptakan suasana lebih segar dan hidup.

4. Pemilihan Warna Kelas yang Cerah

Warna Kelas yang Cerah

Untuk membuat desain kelas SD lebih disukai anak-anak, maka gunakanlah pilihan warna yang cerah dalam ruangan, baik dinding, loker, ataupun pada hiasannya.

Warna cerah yang ditata dengan baik akan membuat suasana belajar lebih ceria, dengan catatan gunakan dominasi warna yang  netral.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya perubahan tema kelas, sehingga tidak perlu mengganti banyak warna karena sudah didominasi warna netral yang cocok untuk segala jenis hiasan.

Baca juga: Inspirasi Wallpaper Kamar Untuk Anak yang Gemar Menggambar

5. Maksimalkan Penataan Bangku

Penataan Bangku Kelas SD

Walaupun kelas sudah dihias dengan tema dan pilihan warna yang menarik, namun jika penataan bangku tidak diperhatikan, tetap akan membuat anak cepat lelah dan bosan. Gunakan penataan bangku yang memungkinkan semua anak bisa melihat papan tulis dengan jelas, serta jaraknya tidak terlalu jauh ataupun dekat dari papan.

Dalam penataan ini juga harus memperhatikan kondisi anak-anak di kelas, jika anak tergolong mudah diatur, namun kurang memiliki kerja sama yang baik antar teman, maka gunakan penataan bangku yang berkelompok-kelompok menjadi beberapa bagian.

Sebaliknya jika anak tergolong sulit di atur, tata bangku dengan membentuk huruf U yang memungkinkan guru untuk memantau anak dengan jelas.

6. Menambahkan Ruang Baca Pada Pojok Ruangan yang Luas

Ruang Baca kelas SD

Inspirasi terakhir dalam menciptakan desain kelas SD yang kece adalah menambahkan ruang baca di pojok ruangan dengan kursi kecil dan beberapa koleksi buku.

Namun jika kelas tergolong sempit, pemberian ruang baca ini tidak perlu dilakukan, agar kelas tidak terlihat semakin sempit.

Demikianlah beberapa tips dalam mendesain kelas SD agar lebih menarik dan bisa mendorong semangat belajar siswanya. Desain ini sangat cocok di terapkan oleh wali kelas yang mengetahui secara jelas keadaan murid ketika proses pembelajaran.

Ajaklah murid untuk membuat suatu karya seni sendiri yang sudah ditentukan sesuai tema kelas, lalu pajang hasil karya mereka pada bagian tertentu dalam ruang kelas yang diperlukan.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are