10 Kerajinan Dari Barang Bekas yang Mudah Dibuat

Kerajinan Dari Barang Bekas

Kerajinan Dari Barang Bekas – Punya barang bekas yang sudah tak dipakai lagi? Jangan buru-buru membuangnya ke tempat sampah.

Tanpa kamu sadari, dengan mendaur ulang barang bekas secara tidak langsung kamu ikut berperan dalam mengurangi sampah yang menjadi sumber masalah di berbagai tempat.

Sampah-sampah di sekitar kamu sejatinya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan barang bekas yang unik.  Dengan sedikit kreatifitas serta keinginan yang kuat, barang bekas tersebut bisa disulap menjadikan suatu kreasi kerajinan tangan yang imajinatif sehingga bisa menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai tinggi.

Ide membuat suatu kerajinan biasanya dengan meniru kerajinan tangan yang sudah ada atau dengan memodifikasi bentuk ataupun bahannya. Sering kali kita dapat ide membuat sebuah kerajinan unik melalui gambar atau informasi yang kita dapatkan lewat pencarian di Internet.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu apa saja barang bekas yang mudah dijadikan kerajinan? Ayo ikuti tulisan ini sampai selesai.

 

Macam-Macam Kerajinan Dari Barang Bekas

 

  1. Kerajinan Dari Botol Bekas Menjadi Pot Bunga Unik

 

Kerajinan Dari Botol Bekas Menjadi Pot Bunga Unik

 

Pot bunga di atas terlihat unik bukan? Menariknya, bahan ini terbuat dari botol bekas lho. Contoh di atas hanyalah salah satu kerajinan tangan dari barang bekas. Mungkin kamu bisa mendesain yang lebih bagus lagi dari ini dengan sentuhan seni yang kamu miliki.

Selain menggunakan botol bekas, ada juga kaleng minuman atau barang bekas lainnya yang bisa kita jadikan pot bunga.

 

  1. Kerajinan Dari Kardus Bekas Menjadi Lampu Hias yang Indah

 

Kerajinan Dari Kardus Bekas Menjadi Lampu Hias yang Indah

 

Ingin punya ruangan yang indah? Tambahkanlah ruanganmu dengan lampu hias agar terlihat menarik lagi. Dan untuk menghemat biaya, kamu dapat memanfaatkan kardus bekas yang tidak terpakai dan mendaur ulang kardus ini menjadi lampu hias unik seperti gambar diatas.

Meski terbuat dari kardus bekas, lampu hias yang terbuat dari kardus tak kalah kerennya lhoo dengan lampu hias yang ada dipasaran. Menarik bukan?

 

  1. Kerajinan Dari Koran Bekas Menjadi Jam Dinding Unik

 

Kerajinan Dari Koran Bekas Menjadi Jam Dinding Unik

 

Koran bekas tentunya mudah sekali kita jumpai disekitar kita. Apalagi kalau dirumah kamu berlangganan koran setiap hari, sudah pasti koran-koran itu berserakan di gudang.

Solusi agar koran tersebut tidak menumpuk digudang, kamu dapat memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bahan membuat jam dinding yang unik.

Dengan menempelkan jam dinding dari koran bekas ini pada dinding ruangan, maka ini akan membuat kesan klasik pada ruangan yang kamu tempati. Bagaimana apakah kamu tertarik dengan jam dinding dari koran bekas unik ini?

 

  1. Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

 

Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

 

Sering makan Es krim stik? Jangan buang stiknya. Stik es krim adalah salah satu barang yang paling sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Teksturnya yang kaku serta kuat membuat bahan yang satu ini mudah sekali untuk kita kreasikan menjadi suatu kerajinan yang bernilai tinggi.

Satu contoh kerajinan tersebut adalah miniatur rumah seperti gambar ini. Di luar sana biasanya miniatur yang dibuat dengan stik es krim dibanderol dengan harga tinggi, berkisar 500 ribu sampai 900 ribu rupiah.

 

  1. Bunga Cantik dari Botol Bekas

 

Bunga Cantik dari Botol Bekas

 

Siapa bilang botol bekas hanya dikreasikan menjadi pot bunga saja. Bunga cantik dari botol bekas juga salah satu bentuk kerajinan yang seringkali dibuat bahkan diminati oleh banyak masyarakat. Pasalnya banyak yang beranggapan bahwa bahan yang satu ini sangat mudah sekali dibuat kerajinan seperti bunga cantik ini.

Kamu bisa membuat bunga hias ini sendiri dengan mudah, caranya kamu tinggal memotong bagian bawah botol kemudian belah menjadi 5 bagian untuk dijadikan kelopak bunga. Setelah itu, agar terlihat menarik lagi, kamu harus mewarnai bagian tadi dengan warna kesukaanmu. Jangan lupa juga tambahkan putik ditengahnya dengan memberikan warna berbeda dengan warna sebelumnya agar mempercantik tampilan.

 

  1. Kerajinan Tangan Paling Mudah Dari Kaleng Menjadi Tempat Tisu

 

Kerajinan Tangan Paling Mudah Dari Kaleng Menjadi Tempat Tisu

 

Kaleng adalah salah satu barang bekas yang juga sering ditemukan didalam rumah dan disekitar lingkungan kita. Daripada dibuang begitu saja, kita bisa memanfaatkannya atau mendaur ulang menjadi barang yang berguna untuk kita, seperti tempat tisu ini.

Kaleng terdiri dari dua bentuk, yakni persegi panjang yang terletak di badan kaleng serta lingkaran yang terletak pada bagian bawah dan atasnya.

Dalam memanfaatkan kaleng bekas menjadi tempat tisu, kita cukup melubangi bagian atasnya sesuai keinginan. Lubang ini berfungsi sebagai tempat untuk mengambil tisu. Agar lebih menarik lagi, kamu bisa melapisi badan kaleng dengan kertas warna-warni atau stiker sesuai dengan keinginan.

 

  1. Celengan dari Kardus Bekas

 

Celengan dari Kardus Bekas
Sumber gambar: www.instructables.com

 

Buat kamu yang punya anak kecil atau adik kecil, coba ajak dia berkreasi membuat celengan dari kardus bekas seperti gambar di atas. Disamping itu kita akan mempererat hubungan dengan si kecil, bahkan dengan membuat kerajinan ini juga bisa meningkatkan kreatifitas si anak.

Untuk membuatnya, kamu tinggal membuat pola celengan yang akan dibuat, kemudian serahkan kepada si kecil untuk membuatnya menjadi celengan yang unik. Perlu diingat juga, dampingi si kecil kalau sedang menggunakan benda tajam. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

  1. Mini Pot dari Cangkang Telur

 

Mini Pot dari Cangkang Telur
Sumber gambar: aaaaa16ipa1.blogspot.com

 

Kamu dapat menanam bunga-bunga kecil atau tanaman hias minimalis lainnya dengan pot yang terbuat dari cangkang telur, ini adalah solusi untuk kamu yang ingin memiliki nuansa minimalis dan unik di rumah.

Dengan mini pot ini kamu juga bisa membuat hiasan menarik dan unik di ruangan tertentu yang perlu sentuhan minimalis. Kreatifitas kamu disini akan dibutuhkan dalam membuat mini pot agar tanamannya terasa lebih hidup secara alami dan tetap keren.

 

  1. Tempat Cas Hp yang Unik Dari Botol Bekas

 

Tempat Cas Hp yang Unik Dari Botol Bekas
Sumber gambar: belajarkreatif.net

 

Saat mengecas handphone seringkali kita mencari tempat yang aman untuk menggeletakkan hp. Jika colokan listriknya berada di lantai sih tak masalah, tapi jika colokan listrik yang tersedia ada di dinding dan tidak ada tempat khusus untuk menaruh hp, bagaimana dong?

Solusinya adalah kamu cukup memanfaatkan bahan plastik. Kamu bisa lihat gambar di atas. Idenya sangat sederhana tapi bermanfaat. Bahan yang digunakannya pun tidak sulit dicari, cukup memanfaatkan botol bekas yang pipih seperti bekas botol sampo atau sejenisnya.

 

  1. Pot Cantik dari Bohlam

 

Pot Cantik dari Bohlam
Sumber gambar: zonatanamanhias.blogspot.com

 

Mungkin banyak dari kita yang langsung membuang bohlam ketika kita tahu bohlam diruangan sudah rusak atau tidak berfungsi. Yang ada dipikiran kita pasti ingin praktis dan cepat, kalau rusak yaahh beli lagi. Lhaa harganya juga murah kok, hehe. Namun sebagian orang yang punya kreatif, bohlam bekas seperti ini bisa menjadi sesuatu yang istimewa dan menguntungkan.

Lampu pijar atau sering disebut bohlam merupakan alat yang bisa memancarkan cahaya jika dialiri arus listrik. Arus listrik yang masuk kemudian disalurkan ke filament yang bisa memanas dan menghasilkan cahaya.

Bohlam yang sudah ‘putus’ biasanya akan langsung dibuang karena tidak bisa dipakai lagi. Tapi kalau kamu punya keinginan dan cukup kreatif, bohlam bekas dapat digunakan lagi menjadi suatu kerajinan yang cantik seperti gambar di atas.

Hasilnya juga ga perlu bagus-bagus, yang terpenting kamu puas karena hasil kerja kamu dapat mempercantik dekorasi didalam ruangan.

Tertarik untuk mencobanya? Langsung coba saja, gampang-gampang susah kok, penulis juga pernah coba soalnya, hehe.

Bagaimanapun, dalam membuat kerajinan dari barang bekas bukan hanya mengejar murahnya, tapi juga menguji kreatifitas. Karena, kalau dikerjakan secara ngasal akan menghasilkan sesuatu yang mengerikan dan bahkan lebih buruk.

So, ada baiknya kamu meniru contoh-contoh mudah yang sudah kami sajikan di postingan kali ini, daripada kamu berusaha sendiri untuk merakit jenis-jenis baru yang terlintas di pikiran kamu :p.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *