Kucing Persia: Sifat, Jenis, Cara Merawat, dan Gambarannya

Tahukah kamu jika kucing ras tertua di dunia adalah kucing Persia? Ya. Hewan peliharaan ini memang diambil dari nama kuno negara Iran yaitu Persia. Di negera tersebut mudah sekali ditemukan jenis kucing ras ini. Kucing Persia pun sudah berkembang sejak lama di Britania Raya dan Amerika Serikat usai perang dunia kedua.

Di Indonesia sendiri kini kucing Persia sudah tersebar luas dan sudah banyak yang memeliharanya. Hewan ini benar-benar disayang karena memiliki penampilan unik dan tingkahnya yang menggemaskan, sehingga bisa menghibur pemiliharanya.

 

Kucing Persia Punya Sifat Lembut

 

kucing persia

 

Ya. Kucing Persia punya sifat lembut dengan ciri khas bentuk badan besar dengan penampilan bulu yang unik dan tentunya lebat.

Kucing Persia memiliki mata dan kepala bulat, ditambah lagi telinga yang terlihat kecil, serta memiliki pipi yang chubby, membuat kucing ini mirip sekali boneka.

Karena sifatnya yang lembut, kucing inipun sangat suka sekali jika diperlakukan dengan lembut dan tidak suka dengan orang yang kasar.

Untuk usia kucing Persia bisa hidup hingga 15 tahun.

 

Jenis Kucing Persia

Semakin banyaknya orang yang memelihara kucing Persia, jenis kucing lucu ini pun semakin banyak dikembangbiakkan. Saat ini sudah bisa ditemui ras-ras yang merupakan turunan dari kucing Persia. Bagi kamu yang penasaran dengan jenis-jenis kucing Persia, berikut adalah jenis-jenis kucing Persia.

1. Kucing Persia Tradisional

 

Kucing Persia Tradisional

 

Ras kucing ini adalah keturunan asli dari kucing Persia. Kucing Persia tradisional hasil dari perkawinan antara kucing Persia jantan asli dengan kucing Persia betina asli. Meski merupakan keturunan dari kucing Persia asli, keaslian jenis ini agak berkurang, itulah mengapa ia disebut ras Persia tradisional.

Kucing Persia tradisional sering disebut Persian Doll Face atau boneka kucing. Mengapa disebut boneka kucing? Karena wajahnya terkesan tanpa ekspresi alias datar.

Kucing ini sedikit lebih mancung tidak seperti kucing biasa pada umumnya. Bulunya panjang dan lebat. Kucing Persia tradisional sangat lincah dan mudah sekali diajak bermain dibandingkan dengan kucing Persia lainnya.

Bagi kamu yang ingin memilikinya, tenang, kucing rumahan ini dibandrol dengan harga mulai 4 juta rupiah.

 

2. Kucing Persia Himalaya

 

Kucing Persia Himalaya

 

Kucing Persia Himalaya awal kali dikembangkan di daerah Amerika Serikat dengan sebutan ilmiha felis catus. Kucing ras ini merupakan perkawinan silang antara kucing Persia dan kucing Siamese. Kemudian kucing ini memiliki bentuk fisik yang mencolok tidak sama dari jenis Persia lainnya.

Kucing menggemaskan ini sangat menyita perhatian bagi penggemar kucing karena terdapat warna colourpoint dibagian tubuhnya. Yang merupakan turunan yang diambil dari benih ras kucing Siamese. Warna itupun bukan hanya dibagian tubuh saja melainkan dibagian telinga, wajah, ujung kaki, dan ekornya.

Kucing Persia Himalaya dibagi menjadi dua berdasarkan dari bentuk wajahnya yakni Humalayan Doll Face dan Himalayan Ultra-Face. Hidung yang sedikit pesek jika dilihat dari samping adalah ciri khas dari Humalayan Doll Face. Sedangkan Humalayan Doll Face memiliki hidung datar jika dilihat dari samping karena sangat pesek.

Biasanya untuk ras kucing Persia Himalaya ini dibandrol 5 sampai 15 juta rupiah untuk yang berkualitas bagus. Sedangkan untuk kualitas standar biasa berkisar di bawah 5 juta rupiah.

 

3. Kucing Persia Medium

 

Kucing Persia Medium

 

Jenis ras kucing Persia medium adalah salah satu golongan kucing Persia yang paling banyak diminati masyarakarat Indonesia untuk dijadikan peliharaan di rumah. Karena tingkahnya yang kalem dan bersahabat dengan manusia.

Kucing menggemaskan ini biasanya memiliki struktur kaki yang lebih panjang serta sedikit besar dibandingkan dengan Persia lainnya. Bulunya panjang dan cukup tebal. Hidungnya tidak lebih pesek namun tidak semanjung ras kucing lainnya. Bentuk kepalanya tidak sebulat kucing Persia lainnya. Ia lebih runcing berciri khas kucing lokal.

Nah, untuk kamu yang ingin memelihari si luci ini? Cukup murah kok. Dipasaran harga kucing Persia medium dibandrol antara 850 ribu sampai 1,5 juta rupiah saja.

4. Kucing Persia Peakface

 

Kucing Persia Peakface

 

Kucing Persia Peakface sangat kontroversial. Ia diragukan masuk ke dalam ras Persia oleh asosiasi kucing Persia bersertifikat dunia. Salah satu alasanya karena wajahnya yang aneh.

Meski terkesan aneh, ekspresi dari kucing ini cenderung lucu dan agak nyleneh. Ia adalah kucing yang sangat aktif bergerak dan suka bermain. Dari segi fisik kucing ini memiliki letak hidung yang tinggi, tidak berada di depan bawah mata namun terletak di bawah mata sehingga nyaris berdempetan dengan mata. Hidungnya normal, tidak pesek.

Di pasaran kucing Persia peakface dijual kisaran 850 ribu sampai 1 juta rupiah.

 

 

Cara Merawat Kucing Persia

Sebenarnya cara merawat kucing Persia sangatlah mudah. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara merawatnya, simak berikut ini agar kamu bisa menjaga kucing lucu ini selalu sehat dan tampak menggemaskan.

 

1. Menyisir Bulu Kucing Persia

Kamu harus rajin-rajin menyisirnya setidaknya 2 kali dalam sehari dengan sisir logam agar tetap terjaga dan bersih.

 

2. Memandikan Kucing

Meski susah di ajak mandi, kamu harus memandikannya agar tidak terlihat dekil dan ruwet. Bila kamu susah memandikannya silahkan datang ke pet shop terdekat atau kepada ahlinya, karena dalam pembersihan yang dilakukannya, kucing kamu tidak merasa kesakitan.

 

3. Perhatikan Makanan Kucing Persia

 

Perhatikan Makanan Kucing Persia

 

Cara merawat kucing Persia agar tetap sehat selanjutnya yaitu perhatikan makanan kucing Persia. Kamu harus memberi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin. Dengan begitu kucing Persia kamu akan terlihat lebih sehat dan bugar.

 

4. Ajak Bermain

Luangkan waktu kamu untuk bermain bersama kucing agar si luci ini lebih jinak dan patuh kepada kamu. Maka dari itu ajaklah bermain agar si kucing tidak terlihat lesu dan bosan.

 

5. Berikan Mainan

 

Berikan Mainan

 

Nah, bagi kamu yang memiliki kesibukan yang sangat padat. Salah satu cara untuk merawat kucing agar lebih ceria yang harus kamu lakukan yaitu berikan mainan. Ya, memberikan mainan kucing akan membuatnya lebih ceria lagi dan tetap aktif.

 

6. Membersihkan Gigi, Kuku, dan Telinga Kucing Persia

Selain memandikan kucing yang kamu harus lakukan lagi yaitu membersihkan gigi, kuku, dan telinga kucing Persia. Janganlah mengabaikan kebersihan ini, karena jika tidak ditangani kucing kamu akan risih dan bisa memperburuk kesehatan.

 

7. Bersihkan Kandang Kucing Persia

Kebersihan kandang juga harus kamu lakukan. Bagaimana caranya? Kamu cukup membersihkan kandang sampai bersih. Agar lebih steril lagi semprotkan kandang dengan cairan pembersih ke seluruh bagian kandang kemudian pel sampai bersih. Tunggu sampai kering kemudian masukan kucing ke dalam kandang.

 

Makanan Kucing Persia

Memang banyak sekali macam jenis makanan kucing. Seperti halnya kucing anggora dan kucing jenis lainnya. Untuk jenis kucing Persia sendiri termasuk hewan karnovora obligat, hewan yang suka daging.

Maka dari itu kucing Persia membutuhkan sejenis daging atau ikan untuk dimakan. Persia membutuhkan beberapa asupan nutrisi seperti protein, asam lemak, asam amino dan vitamin. Secara garis besar daging dan ikan merupakan sumber makanan yang cocok untuk kucing Persia.

Dibawah ini ada beberapa jenis makanan ras kucing Persia yang harus kamu ketahui

1. Daging

Sebagai hewan karnivora, tentunya daging adalah makanan terbaik untuknya. Dengan memberikan daging, kucing Persia akan lebih aktif dan meningkatkan nafsu makan kucing. Daging yang bisa diberikan kepada kucing Persia seperti daging ayam dan daging kelinci atau bisa juga dengan irisan daging sapi.

 

2. Ikan

Kucing kamu berusia dibawah 4 bulan? Nah, untuk membantu pertumbuhan kucing Persia berikanlah ikan. Karena ikan mengandung banyak protein dan asam amino yang bisa membantu pertumbuhannya. Berikan makan kucing ikan minimal 2 kali dalam seminggu. Agar keseimbangan gizi hewan peliharan tetap terjaga.

 

3. Keju

Keju adalah sumber makanan yang sangat disukai kucing Persia. Selain itu, keju juga mekanan kucing Persia medium yang mengandung protein dan vitamin.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis Persia menyukai keju. Sebagian Persia kurang cocok, jika tidak cocok makan kucing dapat mengalami masalah pencernaan.

 

4. Makanan Kering dan Basah

Makanan kering dan basah untuk kucing Persia bisa dibeli di petshop terdekat ataupun toko online. Banyak sekali pilihan makanan kucing. Bagi kamu yang ingin membelinya harus teliti terlebih dahulu mengenai kebutuhan makanan kucing dan jumlah makanan kucing.

Sekarang ini ada beberapa merk ternama untuk makanan kucing Persia di petshop seperti Royan Canin, Pro Plan, Friekies dan Whiskas. Harga makanan ini sangat variatif, kamu hanya menyesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian beberapa pembahasan tentang kucing Persia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. See You!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *