Pentingnya ID Card Saat Bikin Acara!

Untuk kalian yang sedang membuat event, tentunya perlu memikirkan berbagai macam plan untuk membuat event tersebut sukses. Mulai dari acara, pengisi acara, marketing, dan lain-lain. Salah satu yang paling penting untuk direncanakan dan dipikirkan dengan sangat baik adalah masalah anggaran biaya. Biaya menjadi satu hal yang sensitif tentunya bagi setiap event. Namanya mau buat event, pasti memerlukan dana untuk biaya-biaya yang dikeluarkan yang dibutuhkan untuk mendukung jalannya acara. Namun ada beberapa hal yang memang tidak boleh Anda lewatkan demi berjalannya acara dengan baik yang juga pasti membutuhkan biaya.

Pertama yang pasti Anda kumpulkan saat akan membuat sebuah acara atau event adalah para penggerak acaranya, yaitu panitia. Anda tentunya akan membentuk divisi-divisi yang akan diperlukan untuk menjadikan acara berjalan dengan lancar. Sebelum acara dapat berjalan lancar, tentunya perlu direncanakan acara seperti apa yang akan dibuat. Mulai dari tema dan konsep acara, rundown atau alur acara, lokasi acara, pengisi acara, hingga sasaran pengunjung. Untuk itu, diperlukan komunikasi yang baik antara anggota panitia dari setiap divisi. Hal ini tentunya sangat diperlukan. Segala penyampaian ide, arahan, hingga keluhan dan kesusahan yang dialami oleh panitia tentunya perlu disampaikan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi yang baik antar anggota tiap divisi.

Dalam berkomunikasi, tentunya Anda perlu mengetahui siapa lawan bicara Anda. Tidak mungkin Anda hanya memanggil panggilan umum seperti “Hei” atau “Kamu” atau lainnya tanpa menyebutkan dengan jelas siapa orang yang Anda tuju. Ini salah satu yang memicu tidak tersampaikannya pesan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan id card yang tercantum nama jelas dari tiap anggota panitia. Ini penting! Agar Anda juga saling mengenal satu sama lain!

Pentingkah ID Card untuk Panitia?

ID Card atau identity card, memiliki fungsi penting sebagai tanda pengenal dari setiap anggota panitia atau crew yang terlibat dalam sebuah acara. Oleh karena itu, ID card sangat penting untuk diberikan kepada setiap crew. Jangan sampai terlewat! Selain sebagai tanda pengenal, id card juga berfungsi untuk menjaga keamanan semuanya. Dengan ID card Anda dapat mengetahui manakah yang adalah panitia, manakah yang bukan, atau ketika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada orang tersebut, Anda dapat dengan mudah mengenalinya karena orang tersebut memilki ID card. Jangan lupa untuk membuat desain ID card yang baik. Cantumkan nama acara, foto pemilik ID Card, nama jelas pemiliki ID Card, dan divisi apa. Ini akan memudahkan Anda mengenali tiap anggota panitia. Desain yang seragam akan memudahkan Anda juga dalam mengenali manakah panitia acara atau bukan.

Memang ID Card penting, namun diperlukan biaya tambahan juga untuk membuat ID card. Anda harus mengetahui berapa harga cetak id card satuan untuk dimasukkan ke dalam anggaran biaya. Harga cetaknya dapat beragam satu tempat dengan tempat lainnya. Pastikan Anda mendapatkan harga yang paling sesuai dengan budget yang diberikan. Tapi, jangan asal membuat ya! Ingat, ID Card yang baik, penting untuk kelancaran acara!

” Ada harga, ada barang “. Pasti familiar dengan quote tersebut kan? Terdapat banyak jenis ID Card yang dapat Anda temukan. Mulai dari jenis card-nya, tali gantung, hinga fitur-fitur di dalam card dan tali gantungnya. Semua ini akan memengaruhi harga id card satuan yang Anda inginkan. Seperti misalnya, ID Card dengan baha PVC akan lebih mahal daripada bahan karton tebal yang dimasukkan ke dalam name tag. Pastikan Anda berdiskusi dengan divisi bendahara atau keuangan, sebelum mencetak ID Card! Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan jenis apakah yang akan Anda buat.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *